Sambut Kembalinya Para Diaspora, Anies Akan Sediakan Kantor Sementara untuk Mereka

Fasilitas tersebut berupa kantor yang akan diperuntukkan untuk para diaspora atau Indonesian Diaspora Network (IDN) yang akan kembali

Sambut Kembalinya Para Diaspora, Anies Akan Sediakan Kantor Sementara untuk Mereka
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Acara Kongres Diaspora Indonesia Ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora), yang digelar di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harapan untuk bisa kembali mengajak diaspora untuk pulang dan membangun perekonomian tanah air, turut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Kongres Diaspora Indonesia Ke-5 (The Fifth Congress of Indonesian Diaspora).

Dalam sesi utama pada pembukaan kongres yang membahas topik 'Understanding the Indonesian Diaspora and How to Harness Their Immense Potential', ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menyediakan fasilitas khusus.

Fasilitas tersebut berupa kantor yang akan diperuntukkan untuk para diaspora atau Indonesian Diaspora Network (IDN) yang akan kembali ke Jakarta untuk membantu pembangunan perekonomian bangsa.

"Pemerintah Jakarta akan menyiapkan kantor khusus untuk IDN di ibukota," ujar Anies, dalam acara pembukaan yang digelar di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut kemudian menjelaskan, tempat itu nantinya akan menjadi semacam lokasi sementara mereka dalam membangun karyanya.

Baca: Hasil Timnas U-18 Indonesia vs Brunei Darussalam: Garuda Muda Pesta 5 Gol Babak I

Baca: Pacar Hamil Emplang Tusuk Pacar 22 Kali Hingga Tewas Karena Tak Mau Tanggungjawab, Ini Faktanya

Baca: Sedang Berlangsung! Link Live Streaming Borneo FC vs PSM Makassar Live OChannel

Baca: Ganda Putra Indonesia yang Terpilih ke Olimpiade 2020 Berdasarkan Peringkat Dunia

Sebelum para diaspora ini menemukan tempat berkarya mereka secara permanen di tanah air.

"Nanti tempat itu insya Allah akan menjadi transisi co-working space, transisi sampai mendapatkan tempat permanen untuk berkarya di Indonesia ini," kata Anies.

Kongres Diaspora Indonesia Ke-5 bertajuk 'Empowering Indonesia's Human Capital' itu memang sengaja digelar untuk menyambut positif ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berharap para diaspora bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato pertamanya terkait visinya, setelah terpilih kembali sebagai Presiden RI untuk periode kedua pada beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved