Sederet Prestasi Briptu Heidar Hadapi dan Tangkap Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua

Almarhum Briptu Heidar memiliki sejumlah catatan prestasi dalam menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Sederet Prestasi Briptu Heidar Hadapi dan Tangkap Pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua
Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengungkap rasa duka cita atas meninggalnya anggota Ditreskrimum Polda Papua Briptu Heidar yang sempat disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya sangat merasa kehilangan sosok Briptu Haidar.

Almarhum termasuk anggota Korps Bhayangkara yang memiliki catatan prestasi cukup banyak dalam menangkap anggota KKB.

"Tentunya Polri sangat berduka atas kejadian tersebut dan Briptu Heidar mempunyai catatan prestasi yang cukup panjang maka kita memberikan apresiasi. Yang bersangkutan cukup aktif dalam satgas pengungkapan kasus-kasus yang melibatkan KKB," ujar Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019).

Baca: Putra Tommy Soeharto Pinjam Motor Harley Milik Soeharto, Intip Potretnya

Baca: Respons Jusuf Kalla Sikapi Wacana Dihidupkannya Kembali GBHN

Baca: Video Oknum Driver Ojek Online Tampar Penumpang, Diduga Kesal Karena Dicuekin

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu pun membeberkan sejumlah prestasi yang pernah dilakukan almarhum Briptu Heidar selama bertugas.

Pertama, Heidar berhasil melakukan penggalangan terhadap jaringan kelompok atas nama Amole, dimana yang bersangkutan mendapatkan 2 pucuk senjata api laras panjang dan satu pucuk senjata api laras pendek pada tahun 2019.

Ia ikut aktif dalam aksi pembebasan warga Papua dan non Papua oleh KKB Tembagapura, di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, pada Maret 2017.

Heidar juga berhasil menangkap Yogor Telenggen dan Wuyungga Tabuni, anggota KKB Lannyjaya, di Kampung Usir, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, pada bulan Mei dan Agustus 2018.

"Kemudian menangkap Damianus Magay Yogi, Panglima KKB Totio-Paniai, di Sentani pada Oktober 2016. Terlibat dalam aksi melakukan penangkapan juga pada Jemy Magay Yogi," ucapnya.

Baca: Pembunuhan Wanita Tegal yang Jasadnya Ditemukan Dalam Karung: 5 Tersangka Dibekuk hingga Kronologi

Baca: Hubungan Irwan Mussry dan Mertua, Ibu Maia Estianty Rangkul & Ajak Menantu Menari saat Liburan Mewah

Halaman
123
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved