Bareskrim Tangkap Otak Sindikat Penipu Online Internasional yang Gasak Uang Hingga Rp 113 Miliar

Bareskrim Polri berhasil menangkap NA alias Iren, mastermind atau otak dari sindikat internasional penipuan online yang menggasak uang hingga Rp 113 M

Bareskrim Tangkap Otak Sindikat Penipu Online Internasional yang Gasak Uang Hingga Rp 113 Miliar
Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Dittipidsiber Bareskrim Polri saat merilis kasus penipuan online di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berhasil menangkap NA alias Iren, mastermind atau otak dari sindikat internasional penipuan online yang menggasak uang hingga Rp 113 miliar.

Kasus ini merupakan pengembangan atas penangkapan lima tersangka berinisial KS, HB, IM, DN dan BY dalam kasus yang menjerat CV OPAP Investment Limited.

Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri, Kombes Pol Rickynaldo Chairul, mengatakan pelaku NA sempat melarikan diri ke Malaysia.

Pelaku bisa ditangkap atas kerjasama tim KBRI di Malaysia, Imigrasi Malaysia, dan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Baca: Situasi Terkini di Papua: Manokwari dan Jayapura Kondusif, Di Sorong Masih Ada Konsentrasi Massa

Baca: Registrasi DSC|X Resmi Ditutup, 12.500 Proposal Wirausaha Rintisan Diterima

Baca: Vanesha Prescilla Cuma Lempar Senyum Saat Ditanya Soal Hari Ulang Tahun Adipati Dolken

"Siber Polri dan tim telah bekerja sama dengan tim KBRI di Malaysia, Imigrasi Malaysia dan PDRM melakukan pengamanan serta proses administrasi pemulangan tersangka ke Indonesia," ujar Rickynaldo di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019).

Rickynaldo menjelaskan peran NA yakni memberi perintah sekaligus menjadi mastermind dari para tersangka lainnya untuk membuat perusahaan.

Selain itu, ia juga meminta para tersangka untuk membuat rekening perusahaan yang digunakan menampung aliran dana hasil kejahatan dari luar negeri.

"Kemudian memerintahkan tersangka lainnya untuk menukarkan uang hasil kejahatan tersebut ke dalam bentuk mata uang asing di beberapa money changer dan kembali mengumpulkannya kemudian menyerahkan uang keseluruhan hasil penukaran valas kepada WNA Nigeria dengan inisal AEM dan beberapa sindikat lainnya," ucapnya.

Baca: Sinopsis Film The Sorcerers Apprientice yang Tayang di Big Movies GTV Malam Ini Pukul 21.30 WIB

Baca: Pembunuhan Gadis yang Ditemukan dalam Karung: Pelaku Tampak Tak Menyesal, Bercanda saat Rekonstruksi

Baca: Dari Dulu Mobil Listrik Tesla sudah Bebas Pajak Barang Mewah

Dari tangan NA, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti satu buah KTP, satu buah NPWP, satu buah buku paspor, dan satu buah kwitansi Louis Vutton.

Halaman
123
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved