Pemindahan Ibu Kota Negara

Guru Besar dari ITB Khawatirkan Kualitas Pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia yang Begitu Cepat

Guru besar Perencanaan dan Perancangan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Ir Haryo Winarso mempertanyakan kualitas kota pada ibu kota baru

Guru Besar dari ITB Khawatirkan Kualitas Pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia yang Begitu Cepat
KOMPAS.com Wisnu Widiantoro / Facebook Kementerian Sekretariat Negara RI
Simak profil Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara yang menjadi lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Guru besar Perencanaan dan Perancangan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Ir  Haryo Winarso mempertanyakan kualitas kota pada ibu kota baru yang nantinya akan berlokasi di Kalimantan Timur.

Sebab diketahui pemindahan ibu kota itu rencananya akan dimulai pada tahun 2024 dengan awal konstruksi pada tahun 2020.

Sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur akan menjadi ibu kota baru bagi Indonesia nantinya.

Baca: Soal Pemindahan Ibu Kota RI ke Kaltim, Johnny Plate: Kita Harus Optimis, Jangan Jadi Bangsa Pesimis

Haryo menyebut jangka waktu pembangunan untuk membuat ibu kota baru itu terhitung cepat.

Hal tersebut dikatakannya saat ditemui di sela diskusi nasional bertajuk 'Inovasi Cerdas Perencanaan dan Perancangan Ibu Kota Negara' di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Coblong, Bandung pada Selasa (27/8/2019).

"Sebenarnya mungkin bisa secepat itu, tapi yang dikhawatirkan kan kualitasnya. Kalau secepat itu pembangunannya, kualitasnya seperti apa, nah kalau buat saya itu yang belum jelas," kata Haryo sebelum naik ke atas panggung menjadi pemateri pada diskusi tersebut.

Dia mengakui studi atau kajian terhadap dua kabupaten tersebut yang akan dijadikan ibu kota pengganti Jakarta itu terbilang sudah cukup.

Baca: Apa Kata Pers Jerman tentang Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan?

Hanya saja, dia kembali mempertanyakan apakah pemerintah sudah melakukan pemetaan, perencanaan serta pengecekan langsung terhadap kontur dan kesediaan air di wilayah tersebut.

Guru besar Perencanaan dan Perancangan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof.Ir. Haryo Winarso saat ditemui di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Coblong, Bandung pada Selasa (27/8/2019).
Guru besar Perencanaan dan Perancangan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof.Ir. Haryo Winarso saat ditemui di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Coblong, Bandung pada Selasa (27/8/2019). (Tribun Jabar/Haryanto)

Sebab, jika hal-hal itu belum dilakukan maka pemindahan ibu kota ke pulau terbesar di Indonesia itu akan sulit dilakukan dalam waktu dekat.

Halaman
123
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved