Pemilu 2019

KPU: Keputusan Status Pencalegan Mulan Jameela cs Hanya Mengikat Partai Gerindra

Mengenai adanya putusan pengadilan itu, dia menyerahkan, kepada Partai Gerindra untuk dibahas internal.

KPU: Keputusan Status Pencalegan Mulan Jameela cs Hanya Mengikat Partai Gerindra
Instagram/mulanjameela1
Mulan Jameela 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kuasa Hukum KPU RI, Setya Indra Arifin, mengatakan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan soal status delapan calon anggota legislatif dari Partai Gerindra tak mengikat KPU RI.

Menurut dia, putusan itu mengatur sengketa internal di Partai Gerindra dan tak memerintahkan KPU menetapkan Mulan Jameela cs sebagai anggota legislatif.

"Putusan ini tak langsung memerintahkan para pihak khususnya turut tergugat dalam hal ini KPU yang memiliki wewenang menetapkan calon terpilih itu. Tidak langsung memerintahkan kami menetapkan caleg a, b, c," kata Setya, Senin (26/8/2019).

Dia menegaskan, KPU akan tetap menetapkan caleg sesuai hasil Pemilu 2019. Mengenai adanya putusan pengadilan itu, dia menyerahkan, kepada Partai Gerindra untuk dibahas internal.

Baca: Soal Kebiri Kimia, Wakil Ketua Komisi IX DPR Lebih Setuju Kebiri Permanen

Baca: Hakteknas Ke-24, Teknologi Sangat Penting untuk Dorong Daya Saing Nasional

Baca: Frank Lampard Tak Ingin NGolo Kante Penuhi Panggilan Timnas Prancis

Hal ini, kata dia, karena hakim dalam putusannya mempersilakan Gerindra mengambil langkah-langkah administratif untuk memastikan para caleg itu menjadi anggota legislatif.

"Sebetulnya kami sudah menetapkan untuk DPRD. Kemudian mekanisme barangkali diserahkan pada mekanisme UU 7 (Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,-red)" ujar Setya.

Untuk penetapan caleg, dia menambahkan, Gerindra dapat memasukkan nama-nama caleg tersebut melalui mekanisme pergantian antar waktu setelah anggota legislatif hasil Pemilu 2019 telah dilantik.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan memenangkan gugatan gugatan perdata Mulan Jameela dan delapan caleg lainnya terhadap DPP Partai Gerindra.

Pihak penggugat termasuk Mulan Jameela sendiri tidak hadir dalam sidang ini. Sementara pihak tergugat 1, Partai Gerindra, dan tergugat 2, KPU, diwakili kuasa hukum masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved