Sejarah Bandara DC Saudale, Dibangun Secara Swadaya oleh Masyarakat Rote

Pemberian nama DC Saudale tak lepas dari peran almarhum David Constantijn Saudale. Di tahun 1969, Saudale memimpin masyarakat Rote untuk membangun ban

Sejarah Bandara DC Saudale, Dibangun Secara Swadaya oleh Masyarakat Rote
Ilham Rian Pratama/Tribunnews.com
Bandara DC Saudale di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bandara ini merupakan bandar udara yang terletak di pulau paling selatan Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, ROTE - Bandara DC Saudale merupakan bandar udara satu-satunya di Pulau Rote. Pulau yang berada di wilayah paling selatan Indonesia.

Bandara yang masuk ke dalam pemerintahan Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini ternyata memiliki sejarah panjang yang melibatkan langsung warga Rote.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ditjen Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) S. Charles B. Malaikosa menyebut Saudale sudah ada sejak 1969.

Tapi katanya, saat itu bandara belum bernama Saudale. "Namanya waktu itu masih Bandara Lekunik. Setelah 2010 baru ganti nama jadi Saudale. Diresmikan oleh Bupati Rote Ndao saat itu," cerita Charles.

Pemberian nama DC Saudale tak lepas dari peran almarhum David Constantijn Saudale. Di tahun 1969, Saudale memimpin masyarakat Rote untuk membangun bandara.

"Saat itu Saudale menjabat sebagai pembantu  Bupati wilayah Rote Ndao Kabupaten Kupang. Saudale memimpin rakyat Rote untuk membangun bandara secara gotong royong, berswadaya," tutur Charles.

Baca: Mahfud MD Beberkan 2 Alasan Papua Tak Bisa Lakukan Referendum

Pekerjaan berjalan hingga 1976. Saat itu panjang landasan mencapai 900m x 27m dengan nama Bandara Lekunik Rote.

Sejak 1976, menurut penuturan Charles, setelah diselesaikan pengerjaan landasan, kemudian dilakukan penerbangan perdana oleh pesawat misionaris jenis Dakota yang berkapasitas 6 penumpang.

"Kemudian berlanjut sebagai penerbangan perintis, berjalan hingga tahun 1993," ujar Charles.

Singkat cerita, tahun 2010 terjadi perubahan nomenklatur. Sehingga nama Bandara Lekunik diubah menjadi Bandara DC Saudale.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved