Rusuh di Papua

Rudiantara Sebut Gejolak Papua Sudah Jadi Isu Internasional

Menteri Komunikasi dan Informastika (Menkominfo) Rudiantara menyebut gejolak yang terjadi di Papua dan Papua Barat sudah menjadi isu internasional.

Rudiantara Sebut Gejolak Papua Sudah Jadi Isu Internasional
Tribunnews.com/ Theresia Felisiani
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informastika (Menkominfo) Rudiantara menyebut gejolak yang terjadi di Papua dan Papua Barat sudah menjadi isu internasional.

Ia menjelaskan, penyebaran informasi bohong bukan hanya dari dalam negeri saja, tetapi ada yang berasal dari luar negeri dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Kami lihat ada lebih dari 20 negara yang memang tempat berasal mention. Jadi, isu Papua ini bukan hanya isu domestik tapi ada juga dari internasional," ucap Rudiantara di komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca: Contoh Soal CPNS 2019 dan P3K/PPPK Ramai Beredar Jelang Pendaftaran Dibuka, Begini Tanggapan BKN

Menurutnya, 20 negara tersebut banyak berasal dari Eropa maupun Asia, dimana media sosial yang mayoritas digunakan yaitu Twitter.

"Paling banyak Twitter, 90 persen lebih," ucap Rudiantara.

Masih adanya informasi bohong, menjadi pertimbangan Keminfo melakukan pembatasan data di bumi Cenderawasih dan akan dipulihkan secara bertahap.

Baca: Fadli Zon Setuju Dengan Niat Pemerintah Tangkap Benny Wenda

"Hari ini bertahap, pembatasan itu hanya kepada data, telepon dan SMS tidak ada masalah. Artinya nanti data internet bisa jalan lagi, bertahap itu dalam artian kabupaten, kotanya," tutur Rudiantara.

Status Benny Wenda

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan status kewarganegaraan ketua United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) Benny Wenda sudah hilang.

Halaman
123
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved