Kebakaran Hutan dan Lahan

Malaysia Akan Protes Karhutla ke Indonesia, Kemlu RI Sarankan Hal Ini

Pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengaku kemlu siap menerima nota diplomatik itu.

Malaysia Akan Protes Karhutla ke Indonesia, Kemlu RI Sarankan Hal Ini
SRIPO/SRIPO/SYAHRUL
MAKIN TEBAL -- Aktivitas warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, terutama di pinggiran Sungai Musi pada kondisi asap tebal masih berlangsung seperti biasa, Rabu (4/9/2019) Berdasarkan catatan BMKG Stasiun Meteorologi Bandara SMB II Palembang, jarak pandang berkisar 1,2-1,5 Km dengan Kelembapan 90-96% dengan keadaan cuaca Smoke (Asap). Intensitas asap tebal umumnya terjadi pada dini hari menjelang pagi hari (04.00-07.00 WIB), dikarenakan labilitas udara yang stabil pada saat tersebut. SRIPO/SYAHRUL 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Malaysia akan mengirimkan nota diplomatik ke Indonesia menyoal kabut asap.

Pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, memberi tanggapannya.

Ia menjelaskan, sepatutnya dalam hubungan dua negara, bukan kementerian teknis yang mengirimkan nota tersebut melainkan kementerian luar negerinya sendiri.

Diketahui, Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia seperti dikutip dari media setempat, menyebut akan mengirimkan nota protes atas kabut asap yang melanda Malaysia dari kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Baca: Oknum TNI Tembak Sopir Taxi Online dan Rampas Mobil, Jenazah Korban Diseret ke Tol Jagorawi

Hal itu diungkap Teuku Faizasyah, saat dihubungi Tribun pada Sabtu (7/9/2019).

"Intinya bukan di soal diterima atau tidaknya (nota tersebut), tapi pada patut atau tidak patutnya satu kementerian teknis satu negara mengeluarkan nota diplomatik,"

"Dalam hubungan antar negara yg mengeluarkan nota diplomatik hanyalah kementerian luar negeri satu negara," jelas Teuku Faizasyah dalam pesan singkatnya

Sejauh ini ia mengungkapkan, dari pihak internal Kemlu RI belum menerima informasi lanjutan atas rencana tersebut.

Ramai diberitakan pada Jumat kemarin, Malaysia meminta Indonesia untuk segera mengambil upaya untuk memadamkan api karhutla, yang berimbas sampai ke Negeri Jiran tersebut.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved