Pembangunan Kereta Semicepat Surabaya - Jakarta Penting Dilanjutkan

Gubernur Hideaki mengungkapkan, JK menyambut kerja sama antara Jepang dan Indonesia untuk mengembangkan proyek kereta api semicepat itu.

Pembangunan Kereta Semicepat Surabaya - Jakarta Penting Dilanjutkan
Rina Ayu/Tribunnews.com
Gubernur Prefektur Aichi, Jepang, Hideaki Ohmura, di kantor wakil presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyatakan proyek kereta api cepat Jakarta-Surabaya, sangat penting dilanjutkan.

Hal itu diungkap JK saat menerima kunjungan kunjungan Gubernur Prefektur Aichi, Jepang, Hideaki Ohmura, di kantor wakil presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).

Gubernur Hideaki mengungkapkan, JK menyambut kerja sama antara Jepang dan Indonesia untuk mengembangkan proyek kereta api semicepat itu.

"Dan Bapak Wakil Presiden juga menyampaikan ke depan pembangunan dan pengembangan infrastruktur nya sangat penting untuk dilanjutkan draftnya pengembangan kereta api antara Jakarta dan Surabaya, itu tentu dilakukan," kata Hideaki.

Bahkan, kerja sama dua negara ini pun dapat berlanjut ke pengembangan SDM Indonesia di Prefektur Aichi.

Baca: Menteri Wiranto Pimpin Rakor Bahas Situasi Terkini di Papua dan Papua Barat

"Kami menawarkan juga bagaimana mengirimkan tenaga kerja atau anak magang yang sudah mendapatkan pembekalan di sini dan bapak wakil presiden sangat setuju dengan hal tersebut dan untuk mewujudkan hal itu ada baiknya di Indonesia bangun pusat Bahasa Jepang, agar mereka belajar bahasaJepang," jelas dia

Sebelumnya dikutip dari Kompas.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bakal mulai beroperasi pada akhir 2022.

Adapun tahapan konstruksi proyek pembukaan jalur kereta semi cepat ini bakal dimulai pada tahun 2020.

"Pertengahan tahun depan (mulai konstruksi), selesai dua tahun. Untuk opeasional biasanya alau gitu ada uji coba enam bulan, jadi akhir 2022 bisa operasi," ujar dia di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved