Kabinet Jokowi

Menteri Susi Pudjiastuti Pamitan ke DPR dan Staf KKP, Sinyal Tak Masuk Kabinet Jokowi Lagi?

Sejumlah menteri Kabinet Kerja menyampaikan pesan terakhir jelang penghabisan periode pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menteri Susi Pudjiastuti Pamitan ke DPR dan Staf KKP, Sinyal Tak Masuk Kabinet Jokowi Lagi?
Instagram/susipudjiastuti115
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, saat peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah menteri Kabinet Kerja menyampaikan pesan terakhir jelang penghabisan periode pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Kabinet baru akan dimulai pada 20 Oktober 2019.

Namun, belum bisa dipastikan apakah pamitnya menteri-menteri Jokowi ini menjadi sinyal bahwa mereka akan tersingkir dari Kabinet Kerja pada periode kedua pemerintahan Jokowi atau tidak. Bermula dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang berpamitan kepada para pegawainya.

Tjahjo pamit setelah melantik pejabat di lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (15/8).

"Saya mohon maaf selama hampir 5 tahun kurang 1,5 bulan ini ada hal-hal yang kurang berkenan, berbagai sikap, pernyataan, kebijakan," kata Tjahjo dalam sambutannya.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri)  keluar dari Kantor KPK usai melakukan pertemuan antara Kemensos, Kemendagri, dan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (22/8/2019). Rapat lintas kementerian bersama dengan KPK tersebut membahas materi pencegahan korupsi tentang pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk perbaikan basis data pemberian Bantuan Sosial (Bansos). Warta Kota/henry lopulalan
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) keluar dari Kantor KPK usai melakukan pertemuan antara Kemensos, Kemendagri, dan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (22/8/2019). Rapat lintas kementerian bersama dengan KPK tersebut membahas materi pencegahan korupsi tentang pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk perbaikan basis data pemberian Bantuan Sosial (Bansos). Warta Kota/henry lopulalan (Warta Kota/henry lopulalan)

"Ini pamitan saya resmi. Mungkin tidak bisa bertemu karena akan selesainya masa tugas Kabinet Kerja 1. Untuk selanjutnya, mari kita tunggu tanggal mainnya, bagaimana komposisi kabinet berikutnya," kata dia.

Tjahjo mengaku memegang prinsip TNI dalam menjalani hidupnya, yakni taat instruksi. Dengan demikian, apabila tidak dipercaya lagi mengemban amanah untuk menjadi menteri pada kabinet berikutnya, Tjahjo mengaku siap.

"Saya berpegang pada prinsip TNI. Taat instruksi. Dipensiunkan siap, diberi tugas siap, tidak diberi tugas, saya tetap mendukung pemerintahan yang saya dukung ini," kata dia.

Kemudian, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti berpamitan.  Meski masa jabatannya masih satu bulan lagi, ia berpamitan dan menyampaikan permintaan maaf ke awak media di kantornya, Senin (9/9).

Baca: 5 Tuntutan Gubernur Maluku Murad Ismail untuk Cabut Pernyataan Perang terhadap Susi Pudjiastuti

Susi mengaku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan khilaf. "Dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf apabila selama kita berinteraksi ada hal-hal yang tidak mengenakkan awak media karena saya orangnya sedikit tengil," kata Susi.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada staf KKP yang selama ini membantunya dalam bekerja.

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved