Kebakaran Hutan dan Lahan

Wiranto Pimpin Rakor Pengendalian Karhutla di Sumatera dan Kalimantan

Ia menambahkan, rapat ini akan juga membahas penanggulangan dan pencegahan karhutla pada puncak musim kekeringan yang terjadi pada bulan Agustus dan S

Wiranto Pimpin Rakor Pengendalian Karhutla di Sumatera dan Kalimantan
TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
Warga yang menggunakan kostum pahlawan super spiderman bersama personil dari BPBD Provinsi Riau dan TNI AD Kodim Kampar 0313 berusaha memadamkan kebakaran lahan di kawasan Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Kamis (12/9/2019). Aksi yang dilakukan oleh warga bernama Yandri tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap para anggota tim penanganan kebakaran hutan dan lahan yang telah berjibaku dilapangan selama kabut asap menerpa sejumlah wilayah di Provinsi Riau. Aksi itu juga merupakan pesan agar seluruh elemen masyarakat dapat ikut serta menjaga lingkungannya agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memimpin rapat koordinasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, pada Jumat (13/9/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala BNPB Doni Munardo, perwakilan dari BMKG, serta perwakilan dari Pemerintahan Provinsi Riau, Jambi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

"Hari ini kita kembali lakukan rapat koordinasi tentang bagaimana kita menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah RI, seperti kita ketahui bahwa beberapa waktu lalu kita sudah melapor ke Presiden Jokowi di istana utk bagaimana kita meningkatkan penanggulana kebakaran hutan dan lahan ini," ujar Wiranto saat membuka rapat tersebut.

Ia menambahkan, rapat ini akan juga membahas penanggulangan dan pencegahan karhutla pada puncak musim kekeringan yang terjadi pada bulan Agustus dan September.

Baca: IPW Apresiasi Komisi III DPR Pilih Firli Bahuri dan 4 Pimpinan yang Baru KPK

"Beliau (Jokowi) telah mewanti-wanti agar kegiatan yang baik merupakan penanggulannya maupun pencegahan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu," ungkap mantan Panglima ABRI ini.

Dalam rapat yang sedang berlangsung tertutup ini, baik Kementerian LHK, BMKG, BNPB, maupun perwakilan daerah akan memberikan laporan terkini mengenai situasi dan kondisi karhutla.

"Rapat hari ini kita fokus kepada apa yang sudah kita lakukan apa yang kurang, yang harus kita perbaiki sehingga kita bisa segera menekan titik api ini dan kurangi paling tidak asap yang sekarang menganggu masyarakat," kata Wiranto.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved