Pilkada Serentak

Putra Jokowi dan Putri Kiai Maruf Jajaki Ikut Pertarungan Kepala Daerah

"Tadi saya paparan bagaimana cara mendaftar di PDI Perjuangan. Saya katakan, kalau mau daftar silakan," kata Rudy.

Putra Jokowi dan Putri Kiai Maruf Jajaki Ikut Pertarungan Kepala Daerah - gibran-rakabuming-182019.jpg
KOMPAS.com / Garry Andrew Lotulung
Gibran Rakabuming
Putra Jokowi dan Putri Kiai Maruf Jajaki Ikut Pertarungan Kepala Daerah - siti-nur-azizah-putri-wakil.jpg
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Siti Nur Azizah, Putri Wakil Presiden Indonesia terpilih Kiai Maruf Amin
Putra Jokowi dan Putri Kiai Maruf Jajaki Ikut Pertarungan Kepala Daerah - bobby-oki23.jpg
Tribun Medan
Bobby Nasution melakukan kunjungan ke Sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sumut, Jalan Mongonsidi, Medan, Selasa (10/9/2019)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokjowi), Gibaran Rakabuming, rupanya mulai tertarik terjun ke politik. Ia menemui Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (18/9/2019), menanyakan mekanisme pendaftaran calon kepala daerah di partai berlambang moncong putih tersebut.

Namun Gibran Rakabuming mengaku tidak bicara politik dengan Hadi Rudyatmo yang juga Wali Kota Surakarta itu. "Beliau meluangkan waktu untuk saya, bicara perkembangan kota Solo," terang Gibran Rakabuming ketika ditemui di rumah dinas Wali Kota Solo, Lodji Gandrung.

gibran siti dan bobby1

Rudy, panggilan akrab FX Hadi Rudyatmo, mengatakan Gibran Rakabuming menanyakan soal mekanisme pencalonan Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan, dalam pilkada serentak 2020 mendatang. "Tadi saya paparan bagaimana cara mendaftar di PDI Perjuangan. Saya katakan, kalau mau daftar silakan," kata Rudy.

Baca: Ditemui Gibran, Ketua PDIP Solo FX Rudy Akui Bicara Soal Pencalonan Wali Kota

Rudy menambahkan dirinya menjelaskan secara gamblang persyaratan apa saja untuk pendaftaran sebagai bakal calon Wali Kota Solo, sesuai peraturan di PDI Perjuangan. "Kalau mau daftar syaratnya ada KTA (kartu tanda anggota) dan mengikuti tes. Rekomendasi akhir diberikan DPP PDI Perjuangan," ujar Rudy.

Ketika ditanya kapan akan mengurus KTA PDI Perjuangan, Gibran tidak bersedia menjawab. "Nanti...Nanti," kata Gibran.

Baca: Putri Kiai Maruf Amin Ikut Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Tangsel PDI Perjuangan

Selain menanyakan soal mekanisme pendaftaran bakal calon, Gibran juga menyinggung kemajuan Kota Solo dan perlunya sentuhan anak muda.Gibran menyebut Solo juga membutuhkan sentuhan anak muda yang kreatif dan memahami teknologi.
Rudy menemui Gibran sekira pukul 13.13 WIB. "Sini silakan apa yang mau disampaikan," kata Rudy. "Mau silaturahmi," jawab Gibran sambil tersenyum.

Dalam kesempatan itu Gibran memuji Rudy sebagai sosok peduli pada UMKM (usaha kecil mikro menengah) "Beliau memanusiakan UMKM, buktinya Markobar (usaha martabak milik Gibran) bersama PKL (pedagang kaki lima) lain setelah diberikan tempat semakin maju," kata Gibran.

Menurutnya, Solo merupakan kota kecil yang dinamis dan selama dipimpin Rudy memiliki kemajuan pesat. "Solo butuh sentuhan anak muda," kata Gibran.

Sementara itu, putri Kiai Maruf Amin Siti Nur Azizah secara terbuka memastikan akan ikut pertarungan pilkada serentak. Nur Azizah, satu dari para calon yang kemungkinan akan ikut dalam bursa calon kepala daerah Wali Kota Tangerang Selatan tahun depan.

Beberapa waktu lalu Azizah mengambil formulir setelah DPC PDI-P Kota Tangsel mengumumkan secara resmi membuka pendaftaran bakal calon Wali Kota Tangsel yang pertama berdasarkan rapat pleno beberapa waktu lalu yang tertuang dalam SK/021/TAP/DPC-TS/IX/2019.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved