Peringati Hari Maritim, Kemenhub Dorong Peran Perempuan dalam Dunia Maritim

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) mendorong peran kaum perempuan di Indonesia untuk berkiprah di bidang maritim.

Peringati Hari Maritim, Kemenhub Dorong Peran Perempuan dalam Dunia Maritim
TRIBUNNEWS.COM/LITA
Peringatan Hari Maritim Dunia 2019 dan Kampanye Keselamatan Pelayaran di Labuan Bajo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, LABUAN BAJO - Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) mendorong peran kaum perempuan di Indonesia untuk berkiprah di bidang maritim.

Bertepatan dengan Hari Maritim Dunia tahun 2019 dengan tema 'Empowering Women in Maritime Community' yang jatuh pada tanggal 26 September.

Indonesia sebagai anggota Dewan International Maritime Organization (IMO), memperingatinya dengan sejumlah kegiatan yang dipelopori oleh Women in Maritime Indonesia atau WIMA Indonesia.

Rangkaian kegiatan kampanye di Labuan Bajo ini diawali dengan penyelenggaraan Simposium WIMA Indonesia yang diikuti oleh 40 media dari Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub).

Baca: Ambulans yang Sedang Antar Jenazah Tabrak Truk di Tegal, Seluruh Penumpang yang Ikut Mengantar Tewas

Baca: Mama Muda dan Gadis SMA Jadi Sasaran Aksi Pria Misterius Mirip Kolor Ijo, Subuh Jadi Waktu Mencekam

Kemudian WIMA Indonesia menyelenggarakan kegiatan mendongeng bertemakan 'Nenek Moyangku Orang Pelaut', lalu siswa-siswi TK ini diajak untuk Sea Safari menaiki KLM Tanaka, Seasafari 7 dan Keireina. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 orang anak.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo berharap melalui kegiatan tersebut dapat mengurangi kesan bahwa dunia maritim identik dengan kaum adam.

Baca: AS-ASEAN Gelar Latihan Gabungan Maritim di Laut Cina Selatan

"Pemerintah sudah sejak lama mendorong peran wanita di dunia maritim. Buktinya ada ibu Chandra Motik ketua WIMA, Kapten Kartini yang baru saja saya kenal," tutur Agus saat peringatan Hari Maritim Dunia 2019 di Labuan Bajo, Jumat (20/9/2019).

Dirjen Hubla akan terus berupaya memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para perempuan yang bekerja di sektor maritim untuk berpartisipasi di berbagai kegiatan kemaritiman baik secara nasional maupun internasional.

Dilakukannya penguatan peran perempuan di komunitas maritim diharapkan di masa yang akan datang tidak ada lagi dominasi gender dalam sektor maritim. 

Halaman
12
Penulis: Lita febriani
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved