Kebakaran Hutan dan Lahan

Operasi TMC Berhasil, Palangkaraya Akhirnya Diguyur Hujan Jumat Sore

Sejumlah daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kini mulai turun hujan, seperti di Riau, begitu pula Provinsi Kalimantan Tengah.

Operasi TMC Berhasil, Palangkaraya Akhirnya Diguyur Hujan Jumat Sore
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, saat ditemui di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemanfaatan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan secara efektif sejak Juli 2019 pada sejumlah daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kini mulai menunjukkan hasil.

Sejumlah wilayah di Riau telah turun hujan, begitu pula Provinsi Kalimantan Tengah.

Kedua provinsi itu memang tengah dilanda karhutla terparah karena menyebabkan kabut asap dan sebaran kabutnya hingga mencapai negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia.

Tribunnews menghubungi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza untuk mengetahui informasi terkini mengenai penanganan karhutla tersebut.

Melalui sambungan telepon, ia mengatakan bahwa di Provinsi Riau BPPT melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC), telah mengoptimalkan operasi TMC.

Hingga akhirnya di provinsi itu turun hujan pada beberapa hari yang lalu.

Perlu diketahui, dalam pengoperasian TMC ini, BPPT juga bersinergi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Alhamdulillah (di Riau) sudah hujan ya, jadi hasil operasi hujan buatan selama ini intensitasnya udah meningkat tanggal 17, 18 dan tanggal 19 (September)," ujar Hammam, eksklusif kepada Tribunnews, Jumat (20/9/2019) malam.

Di Provinsi Riau, operasi TMC pun berhasil menghasilkan hujan yang turun pada dua wilayah.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved