Pengamat: Kursi Ketua MPR Milik Gerindra, Bagian Kesepakatan Mega dengan Prabowo

"Kalau ketua MPR ini bagian kesepakatan Gerindra dengan PDI Perjuangan, maka bisa saja Muzani yang menang," ujarnya

Pengamat: Kursi Ketua MPR Milik Gerindra, Bagian Kesepakatan Mega dengan Prabowo
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Sidang Paripurna MPR RI, Rabu (2/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio memperkirakan politikus Gerindra Ahmad Muzani akan memenangkan perebutan kursi Ketua MPR RI.

Dua calon kuat yang akan maju sebagai ketua MPR adalah Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang sebelumnya menjabat ketua DPR, dan Ahmad Muzani yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua MPR.

Baca: Ini Alasan Lora Fadil Bawa Tiga Istrinya dan Tertidur Saat Pelantikan DPR RI

Hendri Satrio melihat ada benang merah antara pertemuan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan kursi Ketua MPR.

"Kalau ketua MPR ini bagian kesepakatan Gerindra dengan PDI Perjuangan, maka bisa saja Muzani yang menang," ujar pendiri lembaga analisis politik KedaiKOPI ini kepada Tribunnews.com, Kamis (3/10/2019).

Megawati dan Prabowo bertemu di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan, di Jalan Teuku Umar, Jakarta, pada Rabu (24/7/2019) lalu.

Biarpun dia melihat di atas kertas, kata dia, Bamsoet menang jumlah dukungan partai politik dari koalisi Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin.

Baca: Berikut 10 Nama Pimpinan MPR yang akan Dilantik Malam Nanti

Tapi, dia memberikan catatan, posisi PDI Perjuangan akan sangat berpengaruh untuk menentukan kursi ketua MPR akan jatuh kepada siapa.

"Tampaknya Ahmad Muzani justru akan memenangkan pemilihan Ketua MPR itu. karena kemungkinan besar, memang Muzani ini bagian dari kesepakatan PDI Perjuangan dengan Gerindra," tegasnya

Calon Ketua MPR

Wakil Ketua MPR sementara Hillary Brigitta Lasut saat memimpin pelantikan anggota DPR,DPD dan MPR RI di Kompleks Parlemen DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Hillary Brigitta Lasut menjadi anggota DPR termuda pada periode 2019-2024. Tribunnews/Jeprima
Wakil Ketua MPR sementara Hillary Brigitta Lasut saat memimpin pelantikan anggota DPR,DPD dan MPR RI di Kompleks Parlemen DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Hillary Brigitta Lasut menjadi anggota DPR termuda pada periode 2019-2024. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)
Halaman
1234
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved