Kabinet Jokowi

Sistem Birokrasi Akan Jadi Tantangan yang Harus Dihadapi Wishnutama Jika Jadi Menteri Pariwisata

Wishnutama akan mendapat tantangan besar jika jadi menteri pariwisata. Salah satunya soal sistem birokrasi yang ada di pemerintahan.

Sistem Birokrasi Akan Jadi Tantangan yang Harus Dihadapi Wishnutama Jika Jadi Menteri Pariwisata
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Wishnutama saat diundang Jokowi ke Istana Negara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Riset Centre of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah menilai Komisaris Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama Kusubandio cocok menjabat sebagai menteri parawisata.

Sosok Wishnutama menurut Piter mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Pariwisata memerlukan atraksi-atraksi yang sangat erat kaitannya dengan events. Proses kreatif menciptakan events untuk menambah daya tarik wisatawan sangat pas dengan kemampuan seorang Wishnutama,” ujar Piter kepada Kompas.com, Senin (21/10/2019).

Kendati begitu, Piter menilai Wishnutama akan mendapat tantangan besar jika jadi menteri pariwisata. Salah satunya soal sistem birokrasi yang ada di pemerintahan.

“Tantangan terbesarnya adalah bagaimana menghadapi sistem kerja dan birokrasi yang sudah pasti sangat berbeda dengan lingkungan kerja Wishnutama selama ini,” kata Piter.

Soal peningkatan devisa dari sektor pariwisata, Piter yakin Wishnutama mampu melakukannya.

“Kalau berhasil menggabungkan sekaligus mengubah budaya kerja di Kemenpar dan badan kreatif maka langkah selanjutnya mengoptimalkan penerimaan devisa dari sektor pariwisata akan lebih mudah. Ide-ide kreatif Wishnutama yang akan lebih berperan,” ucap dia.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Netmediatama Televisi Wishnutama Kusubandio menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Kepresidenan sebagai kandidat menteri di Kabinet Kerja Jilid 2, Senin (21/10/2019).

Wishnutama mengaku, belum mengetahui di mana ia akan menempati jabatan birokratis tersebut. Hanya, ia memberikan kisi-kisi bidang apa yang akan ditempati.

“Kira-kira di bidang yang (sesuai) kemampuan saya lah. Ya kira-kira untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia, lalu juga meningkatkan devisa. Nah, bingung kan," kata Wishnu kepada awak media.

Halaman
12
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved