Dewan Pengawas KPK

Sosok Busyro Muqoddas yang Disebut-sebut Layak Jadi Dewan Pengawas KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang melakukan seleksi untuk merekrut lima anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sosok Busyro Muqoddas yang Disebut-sebut Layak Jadi Dewan Pengawas KPK
Fahdi Fahlevi/Tribunnews.com
Busyro Muqoddas 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang melakukan seleksi untuk merekrut lima anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Nama Ketua KPK periode 2010-2011, M. Busyro Muqoddas dinilai layak menjadi anggota Dewan Pengawas KPK.

Menurut Ketua Pusat Kajian Antikorupsi (PUSAKA) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Pujiyono, nama Busyro Muqoddas dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar bisa dipertimbangkan Presiden Jokowi.

"Dua nama seperti pak Busyro Muqoddas, Pak Artidjo saya rasa memenuhi kriteria," ujar Pujiyono kepada Tribunnews.com, Selasa (5/11/2019).

Dia menjelaskan, penunjukkan  Artidjo dan Busyro menjadi anggota dewan pengawas KPK bisa menjadi pintu masuk untuk meyakinkan masyarakat bahwa presiden Jokowi memang memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemberantasan korupsi.

Karena Artidjo dan Busyro memiliki integritas, berpihak kepada pemberantasan korupsi dan tidak nemiliki resistensi terhadap pemberantasan korupsi.

"Untuk mengembalikan kepercayaan tersebut presiden harus dapat memilih orang yang memiliki kapabilitas dan aksebtabilitas yang tinggi. Jika tidak, dugaan bahwa KPK akan dilumpuhkah atau dimatikan semakin tinggi," tegasnya.

Artidjo dan Busyro imbuh dia, adalah kandidat yang layak dan sudah teruji memiliki rekam jejak yang baik, antikorupsi dan berpihak terhadap pemberantasan korupsi.

Siapakah sebenarnya sosok Busyro Muqoddas?

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved