Nadiem Makarim Ungkap Alasan Ditunjuk Jokowi Sebagai Menteri

Mantan CEO Gojek tersebut mengungkapkan bahwa kemauan untuk belajar seumur hidup itu adalah kompetensi terpenting

Nadiem Makarim Ungkap Alasan Ditunjuk Jokowi Sebagai Menteri
Warta Kota/Ricky Martin Wijaya
Nadiem Anwar Makarim (kanan) memberikan keterangan saat berkeliling Kantor Kemendikbud usai serah terima jabatan (sertijab), di Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Eks CEO Gojek, Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Warta Kota/Ricky Martin Wijaya 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, membeberkan alasan dirinya mendapatkan tawaran sebagai menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nadiem mengungkapkan pertemuan dengan Jokowi setahun sebelum dilantik sebagai menteri. Dalam pertemuan tersebut, Nadiem Makarim memberikan masukan kepada Jokowi mengenai teknologi dan sumber daya manusia (SDM).

Baca: Nadiem Makarim Hanya Gunakan Selembar Kertas saat Presentasi di Depan Komisi X DPR RI

"Saya selama bertemu dengan beliau hampir setahun sebelum pelantikan ini selalu memberikan input-input memberikan masukan dalam posisi masa depan akan seperti apa," tutur Nadiem Makarim saat rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Dalam pertemuan dengan Jokowi, mantan CEO Gojek tersebut mengungkapkan bahwa kemauan untuk belajar seumur hidup itu adalah kompetensi terpenting.

Nadiem Makarim juga menyinggung tentang penanaman karakter, moralitas, dan akhlak.

"Berdasarkan diskusi itu maka mungkim presiden memilih saya karena passionnya di SDM. Passionnya adalah bagaimana kita bisa membuka setiap potensi pemuda-pemudi di Indonesia," ungkap Nadiem Makarim.

Seperti diketahui, Nadiem Makarim mendirikan Gojek pada 2010 silam.

Baca: Nadiem Makarim Dapat Pantun Gojek dari Pimpinan Komisi X DPR RI

Nadiem Makarim baru saja diangkat sebagai Mendikbud oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kabinet Indonesia Maju.

Dirinya lalu mengundurkan diri sebagai CEO Gojek setelah pagi harinya dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke istana negara.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved