Manuver Nasdem

Pengamat: NasDem Harusnya Percaya Diri Usung Kader Sendiri Jadi Capres 2024

Apalagi bila melihat capaian pemilu 2019 lalu, NasDem memiliki daya tawar tinggi untuk mencalonkan kadernya menjadi capres 2024.

Pengamat: NasDem Harusnya Percaya Diri Usung Kader Sendiri Jadi Capres 2024
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjawab pertanyaan wartawan usai menghadiri Perayaan Ulang Tahun ke-8 Partai nasdem di JIExpo, Jakarta, Senin (11/11/2019). Acara tersebut sekaligus penutupan Kongres ke-II Partai Nasdem. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Partai NasDem harusnya lebih percaya diri untuk mencalonkan kadernya sendiri menjadi Calon Presiden di Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Demikian disampaikan Ketua Pusat Studi Politik & Keamanan (PSPK), Universitas Padjadjaran, Bandung, Muradi kepada Tribunnews.com, Selasa (12/11/2019).

Hal ini menanggapi usulan mantan Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella menilai Nasdem sudah seharusnya mencalonkan Surya Paloh menjadi Presiden pada Pilpres 2024 ketimbang memajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Secara politik, saya kira NasDem sudah relatif percaya diri untuk mengajukan kadernya sebagai calon presiden. Hal ini menggambarkan bahwa posisi dari NasDem memiliki daya tawar yang makin besar dan itu tercermin dari kepercayaan diri untuk mengajukan kader terbaiknya menjadi capres," ujar Muradi.

Baca: Surya Paloh Sebut Masih Sayang Megawati di HUT Nasdem, Kirim Intelijen saat Tak Disalami Mbak Mega

Apalagi bila melihat capaian pemilu 2019 lalu, NasDem memiliki daya tawar tinggi untuk mencalonkan kadernya menjadi capres 2024.

Partai besutan Surya Paloh tersebut pada Pemilu 2019 menempati peringkat lima dengan perolehan 12,6 juta suara atau 9,05 persen dari suara sah nasional.

Berdasarkan hitung-hitungan kursi di parlemen, Nasdem mendapat 59 kursi dan mengantarkan mereka ke peringkat keempat.

Baca: Akan Gelar Konvensi, NasDem Belajar dari Golkar dan Demokrat

"Betapapun hal tersebut harus dapat dibuktikan dengan perolehan kursi yang signifikan pada Pemilu 2024 mendatang," jelas Muradi.

Terkait nama Surya Paloh atau Anies Baswedan yang akan dicalonkan NasDem menjadi calon presiden? Menurut Muradi, Surya Paloh dan Anies harus bisa membuktikan kepada publik.

Khususnya, kata dia, bisa membuktikan sejauh mana dua sosok itu bisa menjadi pembeda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved