Menhan Amerika Serikat Bahas Rencana Latihan Bersama Pasukan Khusus Saat Bertemu Prabowo

Mark menyatakan bahwa hubungan kerjasama strategis antara Indonesia dan Amerika saat ini telah terjalin sangat kuat.

Menhan Amerika Serikat Bahas Rencana Latihan Bersama Pasukan Khusus Saat Bertemu Prabowo
Biro Humas Kementerian Pertahanan RI
Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menawarkan medium tank buatan PT Pindad kepada Filipina di sela-sela pertemuan ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Retreat and 6th ADMM Plus 2019 pada Sabtu (16/11/2019) di Bangkok, Thailand. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia Prabowo Subianto dan Menhan Amerika Serikat Mark Thomas Esper membahas terkait kerjasama di bidang pertahanan antar dua negara.

Pembahasan tersebut dilakukan saat pertemuan bilateral di sela -sela rangkaian ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat and 6th ADMM-Plus, Sabtu (16/11/2019) di Bangkok, Thailand.

Hal itu sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Pertahanan RI www.krmhan.go.id yang diakses pada Senin (18/11/2019).

"Selain itu, pertemuan tersebut juga membicarakan sejumlah kegiatan kerjasama yang akan dilakukan antara Amerika Serikat dan Indonesia diantaranya mengenai akan segera dimulainya kembali latihan bersama Pasukan Khusus dan juga latihan bersama Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB," tulis keterangan resmi Kemhan RI tersebut.

Baca: Analisa Fahri Hamzah Soal Dampak Prabowo Jadi Menhan: Harus Diakui Keputusan Jokowi Misterius

Dirjen Strahan Kementerian Pertahanan RI Mayjen TNI Rizerius Eko HS mengatakan  Prabowo juga menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan dan latihan.

Indonesia berharap dapat mengirimkan beberapa Taruna-Taruninya untuk dapat mengikuti pendidikan di Amerika Serikat baik di Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut maupun Akademi Angkatan Udara.

"Dan Menhan Amerika Serikat menanggapi hal tersebut dengan sangat terbuka dan siap untuk menerima Taruna-Taruni Indonesia untuk dapat belajar di Amerika Serikat," kata Eko dalam keterangan resmi Kemhan RI.

Mark menyatakan bahwa hubungan kerjasama strategis antara Indonesia dan Amerika saat ini telah terjalin sangat kuat.

Oleh karena itu, ia juga menyampaikan keinginannya untuk segera berkunjung ke Indonesia.

Baca: Fadli Zon Sebut Jokowi Angkat Ahok di BUMN karena Teman Sejati: Kalau Prabowo karena Kapabilitas

Mark juga menyampaikan bahwa kawasan Indo Pasifik merupakan prioritas bagi Amerika Serikat, dimana Indonesia juga memiliki peran yang sangat penting dan besar.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved