Mendagri Soroti Stunting Salah Satu Masalah Kesehatan

Menteri Tito berujar angka stunting atau kurang gizi cukup besar, baik itu orang yang pernah stunting atau yang masih dalam proses stunting

Mendagri Soroti Stunting Salah Satu Masalah Kesehatan
Larasati Dyah Utami
Mendagri, Tito Karnavian saat berpidato di acara penganugrahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, Selasa (19/11/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyoroti Stunting sebagai salah satu contoh masalah kesehatan saat berpidato di acara penganugrahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, Selasa (19/11/2019).

"Kita memiliki banyak problem dalam masalah kesehatan, contohnya masalah stunting. Disampaikan oleh Menkes, stunting merupakan problem serius," ujarnya.

Menteri Tito berujar angka stunting atau kurang gizi cukup besar, baik itu orang yang pernah stunting atau yang masih dalam proses stunting atau kurang gizi sehingga terjadi kekerdilan.

Baca: Mendagri: OTT Kepala Daerah Bukan Prestasi yang Hebat

"Saya mungkin produk stunting zaman dulu, karena saya masuk AKABRI paling belakang terus. Yang lain tinggi-tinggi saya paling belakang, karena makan kerupuk tok waktu di Kalimantan," candanya.

Mendagri mengatakan faktor kesehatan menjadi fokus pembangunan lima tahun kedepan pemerintah, untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, baik, produktif, terampil dan profesional.

Baca: Mendagri Tito Karnavian: Kita Kembali ke Teori Kuno Kalau Mantan Napi Tak Boleh Maju Pilkada

"Kalau badannya tidak sehat, lalu stunting, membuat seseorang kalah bersaing dengan orang yang badannya bagus," lanjut Mendagri.

Ia berujar kesehatan merupakan aspek sentral dalam pembangunan lima program prioritas nasional, yang salah satu poinnya ada pada pembangunan kualitas SDM yang unggul dan terampil baik secara fisik, mental, maupun spiritual.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved