JIka Rencana ASN Kerja di Rumah Diterapkan, MenPAN-RB Beri Syarat Ini

Pihaknya mendukung rencana tersebut, namun tetap mengingatkan agar ASN bisa bekerja secara maksimal

JIka Rencana ASN Kerja di Rumah Diterapkan, MenPAN-RB Beri Syarat Ini
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana fleksibilitas kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni tanpa perlu kerja di kantor ditanggapi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya mendukung rencana tersebut, namun tetap mengingatkan agar ASN bisa bekerja secara maksimal.

Baca: Kerugian Kasus Dugaan Pembobolan ATM oleh Oknum Satpol PP Disebut Capai Rp 50 Miliar

"Ya dia bisa bekerja di rumah, dia bisa bekerja di jalan. Yang penting target dan waktunya tercapai dengan baik. Itu saja," ujar Tjahjo kepada wartawan usai menghadiri acara "Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II tahun 2019" di bilangan Pacenongan, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

Tjahjo Kumolo menyerahkan tindak lanjut atas kebijakan fleksibilitas kerja ini kepada masing-masing instansi atau lembaga pemerintah ke depannya.

Kepada para kepala daerah pun, Tjahjo juga memercayakan sepenuhnya.

"Saya kira terserah, mau setiap menteri punya aturan, setiap gubernur, setiap wali kota. Tujuannya baik kok mempercepat proses, mempercepat pengambilan keputusan, " tegas Tjahjo.

"Masing-masing kepala pemerintahan, kepala lembaga punya kewenangan untuk mengatur sistem dan mekanisme yang ada di instansinya. Mau cara berpakaian sampai proses penugasan, sampai proses evaluasi dan sampai proses pengawasan memastikan program kerja itu berhasil, " lanjut dia.

Sebelumnya, Tjahjo sempat menyinggung cara kerja wartawan saat ditanya perihal rencana fleksibilitas kerja ASN.

Selayaknya cara kerja wartawan yang fleksibel, Tjahjo juga menilai ASN mampu bekerja efektif tanpa hadir di kantor.

Halaman
123
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved