Panglima TNI Dijadwalkan Tinjau dan Uji Dua Rencana Operasi di Papua

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) di Papua.

Panglima TNI Dijadwalkan Tinjau dan Uji Dua Rencana Operasi di Papua
TRIBUN/IQBAL FIRDAUS
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) di Papua.

Hadi datang ke Papua untuk menguji dua Rencana Operasi (RO) Kotamaops Kodam XVII/Cendrawasih, Kodam XVIII/Kasuari, Koarmada III dan Koopsau III di bawah Komando Pengendalian Operasi Pangkogabwilhan III.

"RO yang diuji meliputi RO Bantuan TNI kepada Polri dalam penanganan konflik sosial dan RO pengamanan obyek vital nasional (Obvitnas)," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman dalam keterangan yang diterima Tribun Jumat (29/11/2019).

Rahman mengatakan, tujuan utama kunjungan Panglima TNI ke Papua kali ini adalah meninjau secara langsung kemajuan kegiatan rehabilitasi sarana dan prasarana umum pasca kerusuhan Wamena, September lalu.

Selain itu, kunjungan kali ini sekaligus dimanfaatkan Panglima TNI untuk melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat dan bertatap muka dengan para prajurit yang sedang bertugas di perbatasan.

Baca: Jelang HUT OPM 1 Desember, Menkopolhukam Mahfud MD Berangkat ke Papua

Dalam kunjungan yang dilakukan bersama Kapolri tersebut, Panglima TNI didampingi oleh Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E Supit, dan Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma.

Hadi beserta rombongan tiba di Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura, Rabu (27/11/2019).

Dalam rangkaian kunjungan tersebut Hadi didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga sempat memberikan pengarahan kepada 982 prajurit TNI dan Polri se-Jayawijaya di Gedung Ukumearek Asso, Kabupaten Wamena, Papua pada Kamis (28/11/2019).

Dalam pengarahannya Hadi menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dalam pelaksanaan tugas adalah sinergitas TNI-Polri.

Baca: Mabes Polri Tolak Bebaskan Mahasiswa Asal Papua Jelang HUT OPM

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved