CPNS 2019

Passing Grade CPNS 2019 Turun, BKN: Belum Tentu Lebih Gampang Soalnya, Siapa Tahu Lebih Sulit

BKN menjelaskan penurunan passing grade pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 belum tentu akan menurunkan kualitas soal.

Passing Grade CPNS 2019 Turun, BKN: Belum Tentu Lebih Gampang Soalnya, Siapa Tahu Lebih Sulit
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi Tes Ujian Soal CPNS. Passing Grade CPNS 2019 Turun, BKN : Belum Tentu Lebih Gampang Soalnya, Siapa Tahu Lebih Sulit 

Passing Grade CPNS 2019 Turun, BKN : Belum Tentu Lebih Gampang Soalnya, Siapa Tahu Lebih Sulit

TRIBUNNEWS.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan penurunan passing grade pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 belum tentu menurunkan kualitas soal ujian Seleksi Komptensi Dasar (SKD).

Plh Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, melalui siaran resmi di kanal YouTube BKN, Senin (2/12/2019) menjelaskan mengenai passing grade CPNS 2019 yang diturunkan.

Seperti diketahui, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan-RB) melalui Permenpan-RB menurunkan passing grade atau nilai ambang batas CPNS 2019 dibanding pada CPNS 2018 tahun lalu.

Dijelaskan Ridwan, soal untuk CPNS 2019 ini terdiri dari ratusan ribu soal yang dibuat dari 18 Perguruan Tingga Negeri (PTN) yang mengikuti Konsorsium.

Ilustrasi
Ilustrasi (tangkap layar CAT BKN)

"Kalau tahun lalu, ada 10 konserserium PTN dari  seluruh indonesia yang ikut, tahun ini ada 18 PTN dari Sabang sampai Merauke," jelas Ridwan.

Apakah kualitasnya akan turun, menurut Ridwan semua segi telah dilihat oleh panitia.

Karena menurutnya panitia seleksi nasional (Panselnas) yang terdiri dari berbagai instansi telah mempertimbangkan beberapa hal.

"Mereka menyampaikan beberapa hal yang menurut mereka perlu dimasukkan, dan hasil dari itu, penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu," ungkap Ridwan.

Namun demikian, ia menegaskan mengenai kualitas soal, belum tentu tingkat kesulisan soalnya sama karena bisa jadi lebih tinggi.

Halaman
1234
Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: bunga pradipta p
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved