Komisi X DPR Nilai Wajar Nadiem Makarim Punya Dua Wakil Menteri

Wakil Ketua Komisi X DPR RI menilai wajar jika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memiliki dua Wakil Menteri.

Komisi X DPR Nilai Wajar Nadiem Makarim Punya Dua Wakil Menteri
Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menilai wajar jika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memiliki dua Wakil Menteri.

Terlebih, menurut Politikus Golkar tersebut, Nadiem Makarim terbilang baru dalam dunia pendidikan.

"Mengingat besarnya tugas Kemendikbud, dimana fungsi Pendidikan Tinggi (Dikti) sekarang digabung ke sana dan pembangunan manusia merupakan prioritas lima tahun kedepan, menurut saya penambahan dua Wamen cukup wajar," ujar Hetifah kepada Tribunnews.com, Selasa (10/12/2019).

Baca: Saat Rocky Gerung Komentari Pentas Drama 3 Menteri Jokowi di Hari Anti Korupsi, Opera Van Norak

Dia mendorong agar Wakil Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang dipilih nanti merupakan sosok yang sudah lama bergelut di bidang pendidikan dan paham betul seluk beluk pendidikan di Indonesia.

"Jadi bisa diimbangi, Nadiem menjadi pihak yang visioner dan inovatif mempersiapkan SDM unggul menyambut revolusi industri 4.0, dan wamen yang mengerti realita di lapangan agar visi Nadiem tersebut tidak mengawang-awang dan tetap bisa diimplementasikan dengan mempertimbangkan kondisi saat ini," jelasnya.

Baca: Main Drama Bareng Nadiem Makarim & Wishnutama, Erick Thohir Jadi Tukang Bakso Sindir Dirut Garuda

Untuk pembagian kerjanya, menurut dia, perlu dikaji lebih mendalam.

Bisa saja Wamendikbud akan dibagi untuk mengurus sekolah negeri dan untuk mengurus sekolah swasta atau berdasarkan fungsi lainnya.

Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi juga menilai dua wakil menteri untuk mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim cukup.

Menurut dia, dua Wamen itu mempunyai tugas untuk mengurusi Pendidikan Dasar dan Menengah serta Pendidikan Tinggi (Dikti).

Baca: Peringati Hari Antikorupsi Menteri Erick Thohir Jadi Tukang Bakso dengan Wishnutama & Nadiem Makarim

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved