Ular Piton Sepanjang 1 Meter Ditemukan di Balai Kota Surakarta

Anakan ular piton tersebut memiliki panjang sekitar satu meter dengan diameter dua sentimeter.

Ular Piton Sepanjang 1 Meter Ditemukan di Balai Kota Surakarta
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi ular phyton. 

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Petugas kebersihan Bagian Humas dan Protokol Pemkot Surakarta, Untung Sriyono (50) menangkap seekor anakan ular jenis piton, di kompleks Balai Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Anakan ular piton tersebut memiliki panjang sekitar satu meter dengan diameter dua sentimeter.

Pria yang akrab disapa Suyut ini menceritakan, awalnya anakan ular piton ditemukan oleh petugas taman di belakang Pendapi Gede.

Anakan ular piton itu posisinya tengah melingkar di dekat pohon. Karena tidak ada yang berani menangkap, Suyut memberanikan diri untuk mengevakuasi anakan ular itu.

"Ada petugas taman akan bersih-bersih, tahu ada ular takut. Dia panggil temannya tapi juga takut. Kebetulan saya lewat, ular itu saya tangkap," kata Suyut, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/12/2019).

Tidak butuh waktu lama bagi Suyut untuk menangkap hewan melata tersebut. Suyut mengaku, dirinya sudah terbiasa dan sering menangkap ular.

Suyut menyampaikan, tangkapan anakan ular piton di taman dekat mobil dinas Sekda Pemkot Surakarta diparkir itu merupakan yang ke 20 kali.

Diperkirakan umur anakan ular piton sekitar 2-3 bulan.

"Sekarang ularnya saya pelihara di rumah. Saya tempatkan di sangkar burung berukuran 30 sentimeter terbuat dari besi," ujar Suyut.

Suyut mengungkap, anakan ular jenis piton yang ditemukan di kompleks Balai Kota bukan yang pertama kali. Menurut dia, selama dua bulan terakhir ini sudah ditemukan sekitar 20 ekor anakan ular jenis piton.

"Ada yang ditemukan di taman, di bawah meja, dan lain-lain. Sampai saat ini sudah sekitar 20 ekor yang ditemukan," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, musim penghujan atau akhir tahun seperti saat ini disebut sebagai musimnya telur-telur ular menetas.

Maka tidak heran banyak ditemukan anakan ular piton yang berkeliaran di kompleks Balai Kota Surakarta.

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved