Dewan Pengawas KPK

Mochammad Jasin Sebut Terpilihnya Tumpak Hatorangan Jadi Dewas Dapat Bantahkan Opini Pelemahan KPK

Mochammad Jasin menilai opini pelemahan KPK akan terbantahkan dengan terpilihnya Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai Ketua Dewas lembaga antirasuah.

Mochammad Jasin Sebut Terpilihnya Tumpak Hatorangan Jadi Dewas Dapat Bantahkan Opini Pelemahan KPK
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Mantan Komisioner KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean (kiri) sedang diambil sumpah, sebelum dimintai keterangan dalam sidang lanjutan Pansus Pelindo II DPR RI, di Gedung Nusantara II DPR RI, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (4/12/2015). TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Wakil Ketua KPK, Mochammad Jasin menilai opini pelemahan KPK akan terbantahkan dengan terpilihnya Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai Ketua Dewan Pengawasan (Dewas) lembaga antirasuah.

Pernyataan ini ia sampaikan dalam program Primetime News yang dilansir dari kanal YouTube metrotvnews, Minggu (22/12/2019).

Sebelumnya, Jasin memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait pemilihan nama-nama yang menjadi anggota Dewas KPK.

Wakil Ketua KPK periode 2007-2011 ini mengaku optimis kelima anggota Dewas ini akan memberikan asa baru terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia.

Mengingat Dewas yang sudah dilantik ini, memiliki rekam jejak dan integritas teruji serta terpercaya di publik.

Jasin menyakini anggota Dewas khususnya keberadaan Tumpak Hatorangan, dapat membalikan persepsi publik terkait adanya pelemahan KPK melalui revisi Undang-Undang No 19 Tahun 2019.

"Justru ini (Dewas) akan bagus dalam menghadapi beberapa kelemahan yang ada di undang-undang. Kan orang mengistilahkan pelemahan KPK melalui regulasi yakni undang-undang," ujar Jasin.

“Tapi kalau terisi dengan orang-orang yang berintegritas, berakuntaabilitas yang track record-nya bagus dan satu di antaranya pernah berpengalaman di KPK, ini menjadi berbalik pemahamannya atau dugaan masyarakat," tambahnya.

"Yang dalam hal ini opung atau Pak Tumpak Hatorangan," terang Jasin.

Jasin menuturkan tidak ada yang perlu diragukan dari sosok Tumpak Hatorangan.

Halaman
123
Penulis: Isnaya Helmi Rahma
Editor: Ifa Nabila
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved