Banjir di Jakarta

DPR Minta Gubernur DKI Kebut Normalisasi Sungai

Normalisasi sungai saat ini terkendala persoalan teknis. Ia meminta Anies untuk mengebut normalisasi sungai itu.

Tangkap Layar melalui Tokopedia Play

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara terkait silang pendapat antara pemerintah pusat khususnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Gubernur Jakarta Anies Baswedan soal penyebab dan penanggulangan banjir awal tahun 2020.

Basuki menilai banjir terjadi karena ada sejumlah ruas sungai yang belum dinormalisasi, sementara Gubernur menilai bahwa banjir terjadi karena air yang masuk ke Jakarta tidak terkendali.

Menurut Dasco Normalisasi sungai saat ini terkendala persoalan teknis. Ia meminta Anies untuk mengebut normalisasi sungai itu.

Baca: Cegah Anak-anak Korban Banjir di Jakarta Trauma, Kemensos Beri Bantuan Psikososial di Pengungsian

"Normalisasi sungai Ciliwung terkendala teknis. Kita himbau gubernur untuk kebut, normalisasi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (3/1/2020).

Menurut Dasco banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta, salah satunya diakibatkankan oleh curah hujan yang tinggi.

"Jadi kalau menurut saya curah hujan sangat tinggi, dalam siklus tertentu di Indonesia ini terjadi berulang-ulang, saya ingat tahun 2000, sepertinya 2007, 2014, lalu sekarang," kata Dasco.

Baca: Singgung Anies Baswedan Soal Normalisasi Sungai Ciliwung, Presiden Jokowi: Terkendala Sejak 2017

Curah hujan yang tinggi tersebut menurutnya membuat bendungan dan sungai tidak mampu menampung luapan air. Hal itu diperparah dengan musim kering yang sebelumnya terjadi.

"Lalu musim panas berkepanjangan sebagian kita lalai untuk bersihkan terowongan-terowongan, lalu sampah sampah di waduk dan sungai sehingga itu yang membuat banjir makin cepat dan tinggi," katanya.

Sebelumnya silang pendapat terjadi antara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal penyebab banjir di Jakarta usai diguyur hujan deras pada malam pergantian tahun 2020.

Keduanya berbeda pendapat saat menyampaikan pernyataan pers di Kawasan Monas, setelah memantau dampak banjir melalui udara.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved