Kasus Jiwasraya

MAKI Ancam Gugat Kejagksaan Agung Bila Tak Kunjung Ada Tersangka dalam Kasus Jiwasraya

Boyamin Saiman mendesak Kejaksaan Agung RI untuk merilis tersangka dalam kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

MAKI Ancam Gugat Kejagksaan Agung Bila Tak Kunjung Ada Tersangka dalam Kasus Jiwasraya
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mendesak Kejaksaan Agung RI untuk merilis tersangka dalam kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Semenjak kasus tersebut dilaporkan pada Oktober 2018 lalu, belum ada orang yang ditetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

Boyamin Saiman mengancam, jika Kejaksaan Agung RI tak kunjung menetapkan tersangka dalam kasus tersebut, pihaknya akan mengugat Kejaksaan Agung ke pengadilan negeri Jakarta Selatan.

"Kalau sampai akhir Februari enggak ditetapkan tersangka jadi saya anggap lemot kan gitu. Saya akan ajukan gugatan ke praperadilan," kata Boyamin di Gedung Bundar Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Baca: Belum Ada Satu Pun Tersangka, Kejagung Sangat Lelet Tangani Kasus Jiwasraya

Dia mengatakan, ancaman gugatan pra peradilan bisa menjadi pelecut agar Kejaksaan Agung RI bisa mempercepat proses penetapan tersangka.

"Praperadilan itu kan saya buat pola mekanisme audit kinerja. Nah saya menuduh kamu kerja lamban jadi pak hakim ini tolong dinyatakan kerja lamban nah dia kan pasti membela diri. Nah itu hanya teknis melecut," tuturnya.

Boyamin menyebut, penyidik dari Kejaksaan Agung RI membeberkan alasan hingga kini penanganan kasus berjalan lambat.

Baca: Hari Ini, Kejaksaan Agung Periksa Benny dan Heru Terkait Kasus Jiwasraya

Menurutnya, penyidik tengah megandeng auditor khusus dari luar negeri untuk menyelidiki kasus tersebut.

"Jadi kan pemeriksaan saksi-saksi, terbaru itu akan mengandeng auditor khusus kejahatan di dunia keuangan dengan auditor dari luar negeri," ungkap dia.

Halaman
123
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved