Banjir dan Longsor

Jokowi Minta Reboisasi Hutan di Jawa Barat dan Banten Segera Dilakukan

Jokowi mengintruksikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera melakukan reboisasi di Jawa Barat dan Banten.

Jokowi Minta Reboisasi Hutan di Jawa Barat dan Banten Segera Dilakukan
SETPRES/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan lokasi longsor di kawasan Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Selasa (7/1/2020). Dalam kunjungan ke lokasi longsor tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menseskab Pramono Anung, Menkes Terawan Agus Putranto, dan Mensos Juliari Batubara. SETPRES/AGUS SUPARTO 

Jokowi Minta Reboisasi Hutan di Jabar dan Banten

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera melakukan reboisasi hutan yang gundul di Jawa Barat dan Banten.

"Rehabilitasi hutan, rehab lahan, reboisasi harus segera dikerjakan, mumpung masih pas hujan. Saya minta bibit segera disiapkan dari KLHK sehingga bisa kita lakukan dalam bulan Januari dan Febuari ini," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Menurut Jokowi, bibit pohon yang ditanam nantinya tidak hanya pohon-pohon keras, tapi perlu juga tanaman pencegah longsor dan bisa menghambat banjir bandang, seperti vetiver atau akar wangi.

Baca: Anies Buka Lebar Pintu Perizinan kepada Pemkot Bekasi Buang Sampah Banjir ke Bantargebang

"Nanti akan saya cari sebanyak-banyaknya bibit dan benih, sehingga bisa kita lakukan penanaman di tempat-tempat terutama di Lebak dan di Kabupaten Bogor," ucap Jokowi.

"Termasuk juga nanti saya minta ke KLHK agar sebanyak-banyaknya disiapkan di kabupaten-kabupaten yang ada untuk tanaman kerasnya," sambung Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi pun meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mempercepat peneyelesain Bendungan Ciawi dan Sukamahi, sebagai upaya mencegah banjir di Jabodetabek.

Baca: Jokowi Minta Rumah Warga Terdampak Longsor Serta Banjir Bandang di Bogor dan Lebak Direlokasi

"Saya tahu progresnya sudah 47 persen, dan pembebasan tanah sudah 95 persen, ini sisanya segera diselesaikan," kata Jokowi.

Rapat penanganan banjir dilaksanakan di Istana Merdeka, hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim.

Baca: Cerita Jumadi Tukang Cukur Langganan Jokowi , Deg-degan saat Pegang Kepala Presiden

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved