MK Dengar Keterangan Ahli Sidang Uji Materi Pemilu Serentak

Sidang uji materi digelar di ruang sidang lantai 2 gedung MK, Jakarta Pusat, pada Senin (13/1/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

MK Dengar Keterangan Ahli Sidang Uji Materi Pemilu Serentak
Tribunnews.com/Glery Lazuardi
Sidang uji materi yang digelar di ruang sidang lantai 2 gedung MK, Jakarta Pusat, pada Senin (13/1/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan uji materi perkara permohonan pemilu serentak.

Sidang uji materi digelar di ruang sidang lantai 2 gedung MK, Jakarta Pusat, pada Senin (13/1/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Sidang dipimpin Anwar Usman, selaku Ketua MK, didampingi delapan orang hakim konstitusi lainnya.

Pada Senin ini, sidang beragenda mendengarkan keterangan ahli yang diajukan oleh pemohon dari Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Baca: Lampu Motor Jokowi Digugat ke MK, Pengamat: Hak Warga Negara Ajukan Upaya Hukum

Perludem mengajukan dua orang ahli, yaitu ahli hukum tata negara Khairul Fahmi dan ahli pemilu sekaligus peneliti senior Perludem, Didik Supriyanto.

Dikarenakan tidak dapat datang ke ruang sidang karena berada di Padang, Sumatera Barat, maka MK menggunakan teknologi Video Conference untuk meminta keterangan Khairul Fahmi.

Sedangkan, pihak MK mengajukan ahli, yaitu akademisi sekaligus praktisi Pemilihan Umum yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum pada priode 2004-2007, Ramlan Surbakti.

Di kesempatan itu, turut hadir jajaran KPU RI, selaku pihak terkait.

Jajaran KPU tersebut yaitu Ketua KPU RI Arief Budiman, didampingi empat komisioner KPU RI lainnya, yaitu Hasyim Ashari, Evi Novida Ginting Manik, Viryan Aziz, dan Pramono Ubaid Thantowi.

Serta, hadir pula pihak pemohon, kuasa hukum dari Presiden RI dan kuasa hukum dari DPR RI.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved