Seleksi CPNS

Menpan RB Sebut Soal Ujian CPNS 2019 Disusun Beberapa Perguruan Tinggi dan BNPT

Tjahjo Kumolo, mengaku dirinya telah menerima soal-soal tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menpan RB Sebut Soal Ujian CPNS 2019 Disusun Beberapa Perguruan Tinggi dan BNPT
Tribunnews.com/Rina Ayu
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo yang ditemui di Kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Mafani Fidesya Hutauruk

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, mengaku dirinya telah menerima soal-soal tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Saya sudah menerima soal kemarin (Minggu, 12/1/2020) daripada Pak Mendikbud (Nadiem Makarim) untuk (tes) CPNS," ucap Tjahjo Kumolo saat Audiensi bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin bersama ASN Penerimaan Anugerah ASN 2019 di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (14/01/2020).

Tjahjo Kumolo menuturkan soal-soal tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) disusun tim yang terdiri dari perwakilan beberapa perguruan tinggi dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Baca: Cara Cek Lokasi Ujian SKD CPNS 2019, Tes Dilaksanakan Akhir Januari 2020, Berikut Tahap Pelaksanaan

Namun, ia mengatakan tidak mengetahui kualitas dari tes CPNS 2019 yang berbasis computer assisted test (CAT).

"Saya enggak tau ya, karena soal itu yang nyusun satu tim beberapa perguruan tinggi, kemudian melibatkan BNPT juga," ucapnya saat Audiensi bersama Wakil Presiden Republik Indonesia KH Maruf Amin bersama ASN Penerimaan Anugerah ASN 2019.

Baca: Maruf Amin Dukung Upaya Menlu RI Redam Konflik Amerika Serikat dan Iran

Ia menuturkan kontribusi BNPT dalam penyusunan soal adalah terkait soal wawasan kebangsaan.

Dirinya juga memastikan soal-soal tes CPNS 2019 dapat diterima dengan baik (komprehensif) oleh 3.8 Juta pelamar CPNS yang siap mengikuti tes.

"(Soal) sudah dibuat sedemikian komprehensif mudah-mudahan 3,8 juta yang ikut tes ini bisa," ucapnya.

Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved