Bupati Nonaktif Sidoarjo Ungkap Aliran Dana ke Klub Deltras

Syaiful Illah merasa mempunyai kewajiban moral menyelamatkan Deltras di tengah kondisi klub yang memprihatinkan.

Bupati Nonaktif Sidoarjo Ungkap Aliran Dana ke Klub Deltras
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Saiful Ilah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengadaan empat proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KPK menelusuri aliran uang Rp 300 juta yang diberikan Ibnu Ghopur, penyuap Bupati nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah di perkara pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo, ke klub sepak bola, Deltras FC.

Melalui Samsul Huda, selaku kuasa hukum, Syaiful Illah mengungkapkan uang senilai ratusan juta itu dititipkan kepada Budiman, Ajudan Protokoler Kominfo Kabupaten Sidoarjo, tanpa sepengetahuan Syaiful Illah, sampai terjadi operasi tangkap tangan (OTT), pada Selasa 7 Januari 2020.

"Syaiful Illah menolak jika diberitakan telah menerima sejumlah uang, karena tidak pernah meminta ataupun dijanjikan apapun oleh Ibnu Gofur atau siapapun. Setahu Syaiful Illah, Ibnu Gofur akan memberikan uang untuk kebutuhan Deltras," kata Samsul Huda, kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Menurut Samsul Huda, Syaiful Illah merasa mempunyai kewajiban moral menyelamatkan Deltras di tengah kondisi klub yang memprihatinkan.

"Dapat ditelusuri dalam jejak digital, jauh-jauh hari (tahun lalu,-red) saat mendapatkan keluhan/tuntutan dari suporter Deltras Mania, Syaiful Illah menegaskan tidak akan menggunakan dana APBD, dan akan membantu Deltras dengan uang pribadi meski harus tekor," kata Samsul Huda.

Baca: Inilah Sejumlah Fakta Terkait Oknum Polisi Digerebek Selingkuh di Hotel dengan Istri Wartawan

Baca: KPK Ambil Sampel Suara Bupati Sidoarjo Nonaktif Saiful Ilah

Baca: Diduga Idap Virus Corona, TKW Diisolasi di RSUD Sidoarjo, Dokter Kuak Kondisinya, Pasien Nangis

Untuk menelusuri aliran dana ke klub itu, pihak KPK memeriksa putra Saiful, Achmad Amir Aslichin, politikus PKB dan juga pengelola Deltras FC, pada Rabu kemarin.

Samsul menjelaskan Achmad Amir Aslichin alias Iin merasa terpanggil untuk ikut membantu menyelamatkan Deltras tanpa tendensi apapun.

"Dalam perkara ini, Mas Iin diperiksa sebagai saksi, namun sama sekali tidak tahu perihal perkara tersebut, selain yang terkait dengan Deltras," tambah Samsul Huda.

Untuk diketahui, KPK resmi menetapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tersangka dugaan suap terkait dengan pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo, Rabu (8/1/2020).

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved