Virus Corona

Luhut: Pemerintah Sedang Kaji Insentif Dampak Buruk Corona

Terkait dampak buruk penyebaran corona yang menampar keras perekonomian global, pemerintah Indonesia pun langsung mengambil tindakan.

Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara 'Soft Launching Agriculture War Room (AWR)' di gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mewabahnya virus corona di dunia yang berdampak pada sektor perekonomian Indonesia, membuat pemerintah menyiapkan langkah demi menangani permasalahan ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah melakukan kajian terkait pembahasan insentif itu di Kementerian Keuangan.

"Ya, lagi dihitung juga tadi (insentifnya untuk apa saja), sekarang di tempatnya ibu Sri Mulyani lagi dihitung insentif apa saja yang mau diberikan," ujar Luhut, di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

Terkait pembahasan mengenai insentif itu, ia menjelaskan bahwa ini merupakan cara Indonesia dalam mengatasi dampak buruk dari wabah corona yang mengglobal.

Baca: Virus Corona Covid-19 Sebabkan Harga Durian Musang King di Penang Turun hingga Setengah

Baca: Virus Corona Bisa Bikin iPhone Langka di Pasaran?

Negara lain pun tentunya akan mengambil tindakan masing-masing untuk mengatasi hal ini, termasuk negara yang disebut menjadi asal dari virus corona, China.

"Ya pasti akan ada semua, karena kan ini masalah dunia, China juga kena, semua dunia kena. Jadi kita bagaimana setiap nrgara ramao-ramai mengatasi masalah ini sendiri-sendiri," kata Luhut.

Terkait rincian mengenai kajian insentif itu, Luhut enggan menyampaikan lebih lanjut.

Ia pun menyarankan awak media menanyakan hal tersebut langsung kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca: Akibat Masker Langka, Wanita di China Pakai Kostum Jerapah demi Tangkal Virus Corona

Baca: WNI yang Tertular Virus Corona dari Majikannya di Singapura Dinyatakan Sembuh

"Segala macam, saya nggak berani komentar, nanti biar ibu Sri Mulyani (yang menjelaskan). Kan harus mencari ada equilibriumnya. nanti kalau dikasih insentif terlalu banyak, nanti bisa penerimaan negara APBN-nya juga tidak baik," pungkas Luhut.

Terkait dampak buruk penyebaran corona yang menampar keras perekonomian global, pemerintah Indonesia pun langsung mengambil tindakan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampailan bahwa pihaknya tengah melakukan finalisasi terkait kajian dalam sejumlah hal yang dianggap bisa menjadi formula yang baik dalam mengantisipasi dampak virus ini pada sektor perekonomian tanah air.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved