Breaking News:

Virus Corona

Antisipasi Virus Corona Masuk Gedung Merah Putih, KPK Ukur Suhu Badan Tersangka

Untuk antisipasi penyebaran wabah virus corona, petugas pengamanan gedung KPK melakukan pengecekan suhu badan

Ilham Rian Pratama/Tribunnews.com
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya (BMSDA) Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih saat diukur suhu badannya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (12/3/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan upaya preventif untuk mengantisipasi wabah virus corona (Covid-19) yang merebak di Tanah Air.

"Untuk antisipasi penyebaran wabah virus corona, petugas pengamanan gedung KPK melakukan pengecekan suhu badan khususnya ditujukan kepada setiap pengunjung yang datang ke gedung KPK, termasuk para saksi yang dipanggil penyidik KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dimintai konfirmasi, Kamis (12/3/2020).

Selain tamu dan saksi, KPK turut mengukur suhu tubuh setiap tersangka yang diperiksa. Dari pantauan Tribunnews.com, sebelum memasukki Gedung Merah Putih, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya (BMSDA) Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih diukur suhu badannya.

Baca: Bawaslu Beri Atensi Khusus di Daerah Keluarga Presiden Maju Pilkada

Ditemani seorang pengawal tahanan (waltah), tersangka kasus dugaan suap kepada Bupati nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah dalam pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo itu ditempeli thermal scanner di keningnya.

Ali mengatakan, khusus para saksi dan tersangka, jika ada indikasi suhu badan tinggi maka akan dikoordinasikan dengan Kedeputian Penindakan dan Klinik kesehatan KPK. Sedangkan pengunjung biasa disarankan segera datang ke fasilitas  kesehatan terdekat.

Sementara untuk pegawai KPK, pimpinan melalui Sekjen KPK telah mengeluarkan Surat Edaran No 5 Tahun 2020 tanggal 4 Maret 2020 tentang Kesiapsiagaan dan Waspada Virus Corona. Dan saat ini, kata Ali, pegawai KPK sudah tersosialisasi dan teredukasi dengan baik perihal antisipasi wabah virus corona tersebut.

Baca: Nelayan Desa Kamal Hilang Saat Melaut, Tim SAR Bersama Warga Lakukan Pencarian

"Pihak Biro Umum KPK juga saat ini telah memastikan ketersediaan cairan antiseptik dengan rutin diisi ulang di beberapa area di tiap lantai gedung KPK," kata Ali.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved