Breaking News:

Virus Corona

Isi Surat Lengkap WHO untuk Pemerintah Indonesia Soal Virus Corona

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta Jokowi untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan virus corona yang diberikan oleh WHO.

AFP/Fabrice COFFRINI
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menghadiri konferensi pers tentang COVID-19 di kantor pusat WHO di Jenewa, Rabu (11/3/2020). Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan, wabah virus corona dikategorikan sebagai pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan terdeteksinya virus corona di Indonesia.

Melalui surat tersebut, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta Jokowi untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan virus corona yang diberikan oleh WHO.

Surat yang dikirimkan WHO kepada Jokowi pada 10 Maret lalu ini, berisikan tentang tujuh langkah yang harus diikuti pemerintah Indonesia untuk menangani virus corona.

Diketahui, Indonesia telah mengumumkan adanya 69 kasus, 4 meninggal dan 5 orang sembuh dari virus corona per Jumat (13/3/2020) hari ini.

Baca: Kota Solo KLB Virus Corona: Sekolah Diliburkan 2 Minggu, Tempat Wisata Ditutup Total

Baca: Pemerintah Belum Berniat Lakukan Lockdown Terkait Corona, Maruf Amin: Nanti Dampaknya Macam-macam

Dalam surat tersebut, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengapresiasi pemerintah Indonesia dalam menangaini virus yang bernama Covid-19 ini.

Selain itu, ia juga meminta setiap negara perlu mengambil langkah-langkah kuat yang dirancang untuk memperlambat penularan dan menahan penyebaran virus corona.

Tedros juga menyebutkan, WHO telah melihat kasus yang tidak terdeteksi atau terdeteksi pada tahap awal wabah mengakibatkan peningkatan yang signifikan dalam kasus dan kematian di beberapa negara.

Maka dari itu, kata Tedros, WHO terus mendesak negara-negara untuk fokus pada deteksi kasus dan kapasitas pengujian laboratorium, terutama di negara-negara dengan kapasitas sistem kesehatan yang besar dan beragam di seluruh negara.

Baca: BREAKING NEWS: Kota Solo Diberlakukan Status KLB Virus Corona

Baca: WHO Minta Indonesia Waspadai Kasus Corona yang Gagal Terdeteksi

Berikut isi surat lengkap WHO yang diterima Tribunnews.com untuk Presiden Jokowi terkait penanganan virus corona: 

Yang Mulia
Bapak Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia
Istana Merdeka
Jakarta-Pusat
Indonesia

Halaman
123
Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved