Breaking News:

Virus Corona

BKKBN: Keluarga Berkualitas Benteng Ampuh Cegah Virus Corona dengan 8 Aksi Keluarga

Ia menjelaskan 8 fungsi keluarga berkaitan dengan agama, sosial budaya, serta cinta dan kasih sayang.

Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr.Hasto Wardoyo,SP.OG(k) merespon arahan Presiden Joko Widodo dalam menghadapi pandemi Virus Covid-19.

Kepala BKKBN, pada Senin (16/03/2020) mengajak seluruh Keluarga Indonesia untuk menjalankan Aksi 8 (delapan) Fungsi Keluarga.

Ia menjelaskan 8 fungsi keluarga berkaitan dengan agama, sosial budaya, serta cinta dan kasih sayang. 

Selain itu, fungsi keluarga lainnya berkaitan dengan perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi  dan lingkungan.

Baca: Anggota Dewan Ulama Iran Meninggal Akibat Virus Corona

Kemudian ia menuturkan kedelapan aksi yang bisa dilakukan oleh keluarga.

"Pertama, sebagai makhluk yang beriman agar tidak panik dalam menghadapi musibah. Selanjutnya dengan kesalehannya bisa melaksanakan amalan untuk menjaga kesehatan, kebersihan dan saling membantu," ucapnya.

Kedua, sebagai makhluk sosial dan budaya, berinteraksi, dan beradaptasi dengan sesama, peduli dan cinta tanah air dengan bergotong-royong menjalankan arahan dan petunjuk Pemerintah.

Ketiga, sebagai wadah bersemainya kehidupan penuh cinta kasih lahir dan bathin, keluarga harus ber-empati, menolong dan ikut bertanggung jawab untuk tidak menjadi perantara virus dan penyakit.

Baca: Langkah Strategis Kementerian ATR/BPN Mitigasi Covid-19

Keempat, keluarga sebagai tempat perlindungan bagi seluruh keluarga harus membangun rasa aman dan nyaman serta tedindungi dari paparan virus penyakit. 

"Sikap tanggap terhadap ancaman dengan mengurangi aktivitas di keramaian dan jaga jarak dari orang yang sedang batuk atau flu," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved