Virus Corona

Penurunan Volume Penumpang Capai 80%, PT KAI Batalkan 44 Perjalanan Kereta Keberangkatan Jakarta

Volume penumpang menurun, sebanyak 44 KA Jarak Jauh keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota dibatalkan mulai 1 April - 1 Mei 2020.

Tribunnews/Jeprima
Volume penumpang menurun, sebanyak 44 KA Jarak Jauh keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota dibatalkan mulai 1 April - 1 Mei 2020. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menambah jumlah pembatalan perjalanan kereta api (KA) Jarak Jauh.

Sebelumnya, PT KAI Daop 1 Jakarta mengumumkan terdapat 28 perjalanan KA Jarak Jauh yang dibatalkan akibat menurunnya jumlah penumpang.

Namun, melihat penurunan volume penumpang yang mencapai 80 persen, PT KAI Daop 1 Jakarta memutuskan untuk membatalkan sebanyak 44 perjalanan KA Jarak Jauh mulai 1 April 2020 hingga 1 Mei 2020.

Untuk diketahui, pada waktu normal, terdapat 67 jadwal perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, di antaranya 37 KA dari Stasiun Gambir, 27 KA Stasiun Pasar Senen, dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Baca: PT KAI Ungkap Sebanyak 264.719 Calon Penumpang Batalkan Tiket Kereta Api

"Sebanyak 44 jadwal yang akan dibatalkan ini untuk keberangkatnnya ada dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota," terang Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa pada Tribunnews.com, Selasa (31/3/2020) sore.

"Memang jadwal yang dibatalkan ini seiring dengan penurunan penumpang di area PT KAI Daop 1 Jakarta yang mencapai 70 hingga 80 persen," sambungnya.

Bahkan, Eva mengatakan volume penumpang dalam satu rangkaian bisa hanya mencapai jumlah 10 penumpang.

Eva pun memastikan, dalam satu rangkaian yang diberangkatkan okupansi penumpang tidak akan melebihi 50 persen.

Sebagai gambaran, Eva menyebutkan, volume penumpang dalam satu hari di Stasiun Gambir pada waktu normal dapat mencapai hingga 15 ribu penumpang, namun untuk saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 1.000 orang untuk keberangkatan.

Sementara, Stasiun Pasar Senen dari rata-rata volume penumpang yang dapat mencapai sekitar 17 ribu penumpang, saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 4.000 orang untuk keberangkatan.

Halaman
1234
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: bunga pradipta p
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved