Breaking News:

Kasus Korupsi Gedung IPDN Sulut, KPK Periksa Mantan Sekjen Kemendagri

KPK pada 10 Oktober 2018 telah menetapkan tiga tersangka kasus korupsi dalam pembangunan dua gedung IPDN di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara

kemendagri.go.id
Yuswandi A Temenggung 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Yuswandi A Temenggung diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (12/5/2020).

Yuswandi akan memberikan kesaksian dalam kasus kasus dugaan korupsi pengadaan dan pelaksanaan pembangunan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Sulawesi Utara pada Kemendagri tahun anggaran 2011.

"Saksi diperiksa untuk tersangka DJ [Dudi Jocom]," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (11/5/2020).

Baca: Singapura Beri Bantuan 10.000 Masker KN95 Untuk Pemkot Batam

Belum diketahui apa yang akan menjadi fokus penyidik dalam pemeriksaan kali ini. Ini merupakan pemeriksaan pertama Temenggung dalam kasus pembangunan kampus IPDN.

Sebelumnya, Yuswandi pernah diperiksa KPK untuk perkara korupsi pengadaan e-KTP pada 9 Juli 2018.

KPK pada 10 Oktober 2018 telah menetapkan tiga tersangka kasus korupsi dalam pembangunan dua gedung IPDN di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Sebelumnya, KPK juga telah memproses dugaan korupsi pada pembangunan dua gadung IPDN di Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Baca: Menkumham Yasonna: Tidak Ada Istilah Kebal Hukum Pelaksana Perppu Nomor 1/2020

Pada 2010, tersangka Dudy Jocom melalui kenaIannya diduga menghubungi beberapa kontraktor kemudian memberitahukan akan ada proyek IPDN.

Selanjutnya dilakukan pertemuan di sebuah kafe di Jakarta. Diduga sebelum lelang dilakukan telah disepakati pembagian pekerjaan, yaitu PT Waskita Karya untuk proyek IPDN di Sulawesi Selatan dan PT Adhi Karya untuk proyek IPDN di Sulawesi Utara.

Diduga terkait pembagian proyek ini, Dudy Jocom dan kawan-kawan meminta fee sebesar 7 persen. Pada September 2011, pemenang lelang ditetapkan kemudian Dudy Jocom dan kontraktor menandatangani kontrak proyek.

Baca: Bongkar Muat Cabai Berujung Tewasnya Hendra Sinaga di Tangan Sesama Buruh

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved