Breaking News:

Virus Corona

Jokowi Minta Menko PMK Hingga Mensos Kawal Penyaluran Bansos

Jokowi memerintahkan tiga menteri untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa.

Capture YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

 Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan tiga menteri untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa.

Adapun tiga menteri yang diberi perintah oleh Jokowi pagi tadi yakni Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Juliari P. Batubara, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Hal itu disampaikan Jokowi mengingat realisasi penyaluran bansos jenis itu sangat rendah, yakni 25 persen dan 15 persen. Kedua bantuan tersebut bernilai Rp600 ribu per bulan yang akan diberikan selama tiga bulan berturut-turut.

Baca: KSAD Minta Awak Pesawat TNI AD yang Pulang Bertugas dari Papua Jalani Tes PCR di RSPAD

"Dengan cara menyederhanakan prosedurnya, memotong prosedurnya, sehingga masyarakat segera menerima bantuan sosial ini baik itu BLT Desa maupun Bansos Tunai. Masyarakat saya harapkan juga menanyakan terus kepada RT, RW, atau kepala desa," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/5/2020).

Baca: Jokowi dan Sejumlah Pejabat Dijadwalkan Ikut Nonton Konser Virtual yang Diselenggarakan BPIP

Diketahui, selama pandemi virus corona (Covid-19), Pemerintah telah memberikan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat.

Bantuan tersebut terdiri atas penggratisan listrik untuk pelanggan 450VA dan juga diskon 50 persen untuk pelanggan 900VA bersubsidi, bantuan Kartu Sembako untuk 20 juta penerima, Program Keluarga Harapan yang diberikan kepada 10 juta keluarga, BLT Desa, dan BST.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved