Politikus PKS Bela Habib Umar Assegaf yang Langgar PSBB di Surabaya

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS daerah pemilihan Jawa Timur, Sigit Sosiantomo membela pelanggar PSBB di Surabaya Habib Umar Assegaf Bangil.

Istimewa via TribunJatim
Viral video pria berjubah putih adu mulut dengan petugas PSBB di pos check point exit Tol Satelit Surabaya. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PKS daerah pemilihan Jawa Timur, Sigit Sosiantomo membela pelanggar PSBB di Surabaya Habib Umar Assegaf Bangil.

Sigit justru menyalahkan petugas Satpol PP karena dinilai arogan.

"Saya menyesalkan dan mengecam sikap arogansi petugas Satpol PP yang melakukan penyerangan fisik pada ulama saat pemeriksaan di check point PSBB. Sangat tidak pantas petugas Pol PP sampai meninju ulama, apalagi polisi sudah mempersilakan Habib Umar berbalik arah," kata Sigit melalui keterangan tertulisnya, Jumat, (22/5/2020).

Baca: Jangan Asal Beli, Begini Cara yang Tepat untuk Memilih Ketupat Matang saat Lebaran

Sigit mengatakan berdasarkan informasi yang didapat cekcok antara Habib Assegaf dengan Petugas Satpol PP bermula dari sikap mereka yang memaksa membuka mobil ulama asal Pasuruan itu.

Bahkan, petugas sempat memukul Habib Umar.

"Mengapa sampai harus memukul ulama yang sudah sepuh. Tindakan ini, tidak menunjukkan penghormatan dan keramahan yang harusnya melekat bagi siapa saja petugas PSBB di lapangan." Kata Sigit.

Baca: Contoh Naskah Khutbah Idul Fitri di Rumah, Dilengkapi Panduan Pelaksanaannya

Tindakan kekerasan fisik oleh petugas Satpol PP kepada ulama tersebut, menurut Sigit menunjukan sikap tidak profesional.
Seharusnya petugas mengingatkan secara baik-baik, seperti tindakan yang dilakukan polisi.

Apalagi saat ini sekitar 300 ribu kendaraan justru sudah melakukan perjalanan mudik yang jelas-jelas melanggar aturan PSBB dan larangan mudik.

"Sikap polisi yang meminta Habib Umar berbalik arah sudah proporsional. Sudah seharusnya petugas di lapangan bersikap lebih persuasif dan bijaksana di tengah pandemi seperti ini."

Baca: Sudah Temukan Pengganti Citra Kirana, Kekasih Baru Ali Syakieb Disebut Mirip dengan Dewi Perssik

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved