Lebaran 2020

Quraish Shihab : Nabi Muhammad SAW Anjurkan Saling Berdoa Apabila Tidak Bisa Bersilaturahmi

Lebaran kali ini masyarakat dihimbau juga tidak untuk mudik karena bisa membahayakan kesehatan bagi keluarga yang dikunjungi

Capture Mata Najwa
Cendekiawan Muslim Quraish Shihab 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Muhammad Naufal

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Tidak disangka bulan Ramadan telah meninggalkan kita. Setelah selama satu bulan penuh beribadah puasa, tibalah hari raya lebaran tiba.

Puasa lebaran kali ini berbeda karena kita tengah berhadapan dengan pandemi virus bernama Corona.

Untuk itu kita harus mengisolasi diri di rumah untuk terhindar atau menularkan dari virus tersebut.

Lebaran kali ini masyarakat dihimbau juga tidak untuk mudik karena bisa membahayakan kesehatan bagi keluarga yang dikunjungi. 

Namun menurut Quraish Shihab walaupun lebaran kali ini tidak diselingi dengan mudik sebagai tradisi yang kita lakukan sebagai seorang muslim adalah saling berdoa.

Baca: Mahfud MD Ajak Umat Islam Salat Idul Fitri dan Halal Bihalal di Rumah, Imbau Tak Perlu Berkerumun

Hal ini merupakan tuntunan dari nabi Muhammad SAW yang mengajurkan untuk saling berdoa apabila tidak bisa untuk bersilaturahmi.

"Tibalah kita diakhir puasa. Tibalah kita pada penghujung bulan ramadan tahun ini. Kendati tidak mudik, Alhamdulillah berucap kita dapat bersilaturahmi dalam saling doa mendoakan. Di dalam hari lebaran Rasulullah mengajarkan kita untuk saling berdoa," ujar Quraisy Shihab.

Doa yang biasa dipanjatkan saudara seiman diantaranya adalah semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita selama bulan puasa ini.

Tidak hanya itu semoga Allah SWT juga menerima amal ibadah kita selama bulan puasa ini.

"Dengan mengucapkan doa Taqabbalallahu minna wa minkum kita berdoa semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita selama bulan puasa ini. Tidak hanya itu dalam doa itu Semoga kita termasuk orang- orang kembali ke fitrah," ungkap Quraish Shihab.

Baca: Quraish Shihab: Islam Tidak Memaksakan Umatnya untuk Melaksanakan Ibadah di Tengah Wabah

Dalam lebaran ini juga kita diharapkan tidak saling bercerai berai.

Kembali lagi sambung tali silaturahmi yang apabila dalam bulan biasa kita jarang bersilaturahmi bersama 

"Semoga dalam lebaran kita kali ini tidak Saling bercerai berai. Untuk itu, kita saling bermohon mengharapkan kiranya dengan sesama keluarga sebangsa meneruskan ikatan persaudaraan persahabatan kendati tidak bertemu satu dengan yang lain," tutup Quraisy Shihab. (M22)

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved