Breaking News:

Virus Corona

Nadiem Nilai Para Siswa Beradaptasi dengan Teknologi Secara Natural di Tengah Pandemi Corona

Pandemi Corona yang melanda tanah air, mendorong para guru, orang tua, dan siswa memanfaatkan teknologi

Tangkapan Layar TVRI
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Corona yang melanda tanah air, mendorong para guru, orang tua, dan siswa memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menilai para siswa lebih mudah beradaptasi dengan teknologi dibanding orang dewasa.

"Saya lihat yang sangat sulit beradaptasi kepada teknologi biasanya orang dewasa ya, tapi murid-murid kita secara natural beradaptasi terhadap teknologi," ujar Nadiem saat berdialog dengan guru pada acara 'Hikmah Ramadan di Masa Pandemi' yang disiarkan laman Youtube Kemendikbud, Selasa (26/5/2020).

Nadiem mengatakan meski pandemi corona masih menjadi bencana bagi bangsa Indonesia, tapi menurutnya harus ada hikmah yang diambil.

Menurutnya, setiap orang perlu mengambil pembelajaran dari pengalaman menghadapi pandemi ini.

"Memang ini suatu bencana, bencana kesehatan, bencana ekonomi, bencana pendidikan, tapi jangan sampai kita keluar dari krisis ini tanpa membawa bekal atau hikmah suatu pembelajaran dari pengalaman ini," tutur Nadiem.

Mantan CEO Gojek ini menilai pembelajaran justru hadir dari segala kesulitan yang dihadapi.

"Karena dari kesulitan itu adalah akar dari pembelajaran yang terpenting di hidup kita," pungkas Nadiem.

Seperti diketahui, saat ini sekolah yang menerapkan pembelajaran dari rumah sekitar 97,6 persen. Sementara sisanya tidak melaksanakan BDR karena tidak memiliki perangkat pendukung.

Sekitar 2,4 persen yang tidak melaksanakan belajar dari rumah adalah sekolah yang berada di daerah khusus pedalaman, bukan daerah terjangkit Covid-19.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved