Breaking News:

Bulan Bung Karno

Proklamator RI Bung Karno Juga Punya Rekam Jejak Karya Arsitektur dan Seni

Tak cuma pendiri bangsa, Bung Karno juga arsitek yang mewariskan karya arsitektur yang tersebar dalam berbagai bangunan publik nasional.

Istimewa
Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Sukarno bukan hanya seorang pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bung Karno juga arsitek yang mewariskan karya arsitektur yang tersebar dalam berbagai bangunan publik nasional.

Hal itu terungkap dalam diskusi virtual bertema 'Bung Karno Sang Arsitek' yang menghadirkan Arsitek dan Pengajar Universitas Pancasila Yuke Ardhiati yang dipandu sejarawan Bonnie Triyana, Selasa (2/6/2020).

Yuke menjelaskan Bung Karno sebenarnya lulusan Teknik Sipil jurusan Pengairan (Waterbouwkunde) dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun, seorang profesor di ITB kemudian mengenali bakat Bung Karno dalam menggambar, sehingga diminta agar bersedia menjadi asisten dengan tugas semacam draftman sejumlah proyek arsitektur.

Nama sang profesor adalah Charles Prosper Wolff Schoemaker, yang dikenal juga sebagai arsitek sejumlah bangunan seperti Villa Isola dan Hotel Preanger di Bandung, Jawa Barat.

Salah satu rumah yang terkenal menjadi karya mereka berdua adalah rumah Red Tulip.

"Jadi kesempatan baik itu menjadikan Bung Karno percaya diri mendirikan biro arsitek di tahun 1926," kata Yuke.

Belakangan, Sukarno lalu bermitra dengan Ir Anwari, kemudian Roosseno Soerjohadikoesoemo yang dikenal sebagai Bapak Beton Indonesia, sebagai biro konsultan arsitektur.

Di tengah perjuangan kemerdekaan Indonesia, Sukarno banyak mengerjakan ide arsitektur, sementara Rooseno yang melaksanakan konstruksinya.

Halaman
123
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved