Breaking News:

Bendera Dibakar, Upaya PDIP Menempuh Jalur Hukum Dinilai Tindakan Tepat

Menurut Karyono, upaya menempuh jalur hukum yang dilakukan PDIP merupakan pilihan terbaik ketimbang dibalas dengan aksi jalanan.

Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Direktur Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, upaya PDI Perjuangan menempuh jalur hukum perihal pembakaran bendera merupakan tindakan tepat.

Menurut Karyono, upaya menempuh jalur hukum yang dilakukan PDIP merupakan pilihan terbaik ketimbang dibalas dengan aksi jalanan.

"Respons PDIP dalam menyikapi aksi pembakaran bendera dengan menempuh jalur hukum sudah tepat," kata Karyono, Jumat (26/6/2020).

"Menempuh jalur hukum merupakan pilihan terbaik bagi PDIP dalam menyikapi aksi pembakaran bendera daripada membalas dengan aksi jalanan," tambahnya.

Karyono menyebut, sebagai partai yang sudah malang melintang dalam pergulatan politik nasional, PDIP tentu berpengalaman dalam menghadapi tantangan.

Terlebih, PDIP sudah teruji mampu melewati tantangan yang lebih berat saat menghadapi tekanan rezim orde baru.

"Berangkat dari pengalaman itu tentu semakin mendewasakan PDIP dalam menghadapi setiap gejolak yang datang," ucap Karyono.

Selain itu, Karyono mengatakan, sikap untuk menempuh jalur hukum dalam merespons aksi penolakan yang disertai pembakaran bendera itu, menunjukkan PDIP sudah mencium adanya provokasi.

"(Ada oknum,red) yang mencoba membenturkan PDIP dengan umat islam dengan memanfaatkan isu penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang diframing secara sistematis," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved