Breaking News:

Virus Corona

Nadiem Dukung Kegiatan KKN Mahasiswa yang Terkait Penanganan Covid-19

Menurut Nadiem, langkah tersebut sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat di tengah krisis yang dihadapi akhir-akhir ini.

dok. Kemendikbud
Nadiem Makarim. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mendukung kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) perguruan tinggi yang berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19 di masyarakat.

Menurut Nadiem, langkah tersebut sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat di tengah krisis yang dihadapi akhir-akhir ini.

"Saya sangat mengapresiasi bahwa fokus daripada KKN daring ini adalah untuk menangani berbagai macam isu yang disebabkan oleh Covid-19. Menurut saya itu sangat relevan dan tepat dan kontekstual dan memang yang lagi dibutuhkan," ujar Nadiem dalam pembekalan KKN UGM yang digelar secara daring, Senin (29/6/2020).

Baca: Menteri Nadiem Ajak Mahasiswa Bimbing Siswa yang Kesulitan Jalani Pembelajaran Jarak Jauh

Nadiem mengatakan saat ini banyak masyarakat yang belum mengerti langkah menghindari penularan virus corona, solusi keluar dari masalah ekonomi di tengah pandemi, hingga masalah pendidikan.

"Banyak sekali di desa-desa kita, banyak sekali daerah masih ada kebingungan mengenai apa yang harus mereka lakukan untuk bisa melindungi diri mereka," kata Nadiem.

Mantan CEO Gojek ini menyebut mahasiwa memiliki peran penting jika krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 terjadi.

Menurutnya mahasiswa memiliki modal untuk turun tangan membantu masyarakat hingga pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Saat ini, mahasiswa juga sudah terjun membantu segala bidang terutama aspek pendidikan.

Baca: Mendikbud Nadiem Makarim Minta Kepala Sekolah SMK Tingkatkan Kerja Sama Dengan Dunia Usaha

"Kalau pun sampai krisis ini berkelanjutan mahasiswa lah yang harus turun tangan seperti volunteer-volunteer berbagai macam fakultas kesehatan yang sudah luar biasa, pahlawan-pahlawan volunteer kita," ucap Nadiem.

"Relawan kita yang telah bekerja menangani berbagai macam krisis Covid-19, membantu Kementerian Kesehatan, membantu rumah sakit, membantu testing center," tambah Nadiem.

Dirinya menilai mahasiswa adalah ujung tombak Indonesia untuk bangkit dari krisis akibat pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut yang membuat Nadiem mengajak para mahasiswa untuk membantu masyarakat melalui KKN ini.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved