Breaking News:

Divonis 4,5 Tahun Penjara, Mantan Dirut Perum Perindo Risyanto Suanda Ditahan di Lapas Sukamiskin

Terdakwa juga diminta membayar uang pengganti Rp 1.244.799.300,00 paling lambat 1 bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa mantan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Dirut Perum Perindo) Risyanto Suanda mendengarkan pembacaan putusan dalam sidang yang digelar secara virtual di gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/06/2020). Risyanto Suanda divonis 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 250 juta subsider 3 bulan penjara terkait perkara dugaan suap kuota impor ikan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda divonis pidana penjara 4 tahun dan 6 bulan atas kasus persetujuan impor hasil perikanan di Perum Perindo.

Pelaksana tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyatakan jaksa komisi lembaga anti rasuah telah melaksanakan putusan pengadilan pada Kamis (3/5/2020).

Saat ini, Risyanto Suanda dimasukkan di Lembaga Permasyarakatan Kelas IA Sukamiskin.

"Terdakwa Risyanto Suanda telah berkekuatan hukum tetap dengan cara memasukkannya ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I A Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Ali kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).

Ali menuturkan Ristanto dinyatakan bersalah dalam kasus tindak pidana korupsi dengan menerima suap sebesar 30 ribu dollar AS dalam persetujuan impor hasil perikanan di Perum Perindo.

"Terpidana telah diputus bersalah melakukan tindak pidana korupsi karena menerima suap senilai USD 30 ribu dari Direktur Utama PT Navy Arsa Sejahtera Mujib Mustofa dimana terpidana menyetujui Mujib Mustofa memanfaatkan persetujuan impor hasil perikanan milik Perum Perindo," ujarnya.

Terdakwa juga akan diminta membayar uang pengganti Rp 1.244.799.300,00 paling lambat 1 bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

Jika dalam waktu itu terdakwa tidak membayar uang pengganti maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Baca: Mantan Dirut Perum Perindo Risyanto Suanda Divonis 4,5 Tahun Penjara Terkait Suap Impor Perikanan

Baca: Perum Perindo Ekspor 15 Ton Gurita ke Jepang

Diberitakan sebelumnya, mantan Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda divonis pidana penjara 4 tahun dan 6 bulan dan denda Rp 250 juta subsider tiga bulan kurungan.

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved