Breaking News:

Kasus Djoko Tjandra

Kok Bisa Djoko Tjandra Buat e-KTP Prosesnya 1 Jam 19 Menit? Ini Penjelasan Dirjen Dukcapil

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh angkat suara soal kasus Djoko Tjandra yang membuat KTP di kantor Kelurahan Grogol Selatan.

Tangkapan Layar Kompas TV
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh 

TRIBUNNEWS.COM - Nama Djoko Tjandra kembali ramai diperbincangkan setelah diketahui sudah berada di Indonesia sejak tiga bulan lalu.

Bahkan Djoko Tjandra sempat membuat e-KTP di kantor Kelurahan Grogol Selatan dan prosesnya pun sangat cepat, hanya 1 jam 19 menit.

Petugas Dukcapil juga melayani pembuatan e-KTP Djoko Tjandra meski saat ini berstatus DPO.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakhrulloh angkat suara soal kasus Djoko Tjandra yang membuat KTP di kantor Kelurahan Grogol Selatan.

Zudan tak menampik jika proses pembuatan e-KTP oleh Djoko Tjandra berjalan cepat, kurang dari 2 jam.

Zudan mengatakan, proses pembuatan e-KTP saat ini memang sudah mampu dilakukan dengan cepat dan tak sampai berbulan-bulan.

Hal itu lantaran Dukcapil terus melakukan pembenahan dalam melayani masyarakat sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Di tahun 2020 itu data kita menunjukkan, 45% pembuatan e-KTP selesai di bawah 2 jam, 30% itu selesai di bawah satu jam, di Bulan Juni ada 900 ribu orang membhuat e-KTP," kata Zudan ketika berbicara di Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Selasa (7/7/2020).

"Pak Djoko Tjandra itu selesai 1 jam 19 menit, jadi kalau sekarang itu biasa-biasa saja, karena yang dibawah satu jam itu banyak sekali," ujarnya.

Baca: 8 Fakta Sosok Djoko Tjandra, Buronan Kelas Kakap yang Melenggang Bebas Sejak 2008

Baca: Cerita Djoko Tjandra Bikin e-KTP di Kelurahan Grogol Selatan, Pakai Jas dan Antrean Pertama

Dikatakannya, proses pembuatan e-KTP itu bisa bejalan cepat lantaran saat ini sistem yang dimilik Dukcapil telah berjalan baik serta tidak ada lagi persoalan kekurangan blangko.

Halaman
123
Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved