Breaking News:

Pilkada Solo 2020

PKS Belum Putuskan Calon untuk Hadapi Gibran di Pilkada Kota Solo

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menyebut partainya belum memutuskan calon wali kota Solo pada Pilkada serentak 2020.

Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menyebut partainya belum memutuskan calon wali kota Solo pada Pilkada serentak 2020.

"DPP belum dapat laporan resmi dari DPD PKS Solo, belum ada usulan. Jadi kami belum bisa menyatakan," ujar Sohibul di kantor DPP PKS, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Menurutnya, pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada hari ini, turut membahas Pilkada Kota Solo, namun partai berlambang bintang Mercy itu tidak memiliki kursi di DPRD Kota Solo.

Baca: Gibran Rakabuming Jawab Tudingan Soal Politik Dinasti: Saya Ikut Kontestasi, Bisa Menang Bisa Kalah

"Ada pembicaraan itu (Pilkada Solo), tapi saya baru tahu Demokrat tidak punya kursi. Jadi Demokrat tidak bisa berbicara mengusung atau tidak," papar Sohibul.

Untuk memajukan calon wali Kota Solo, PKS harus berkoalisi dengan partai lain karena kursi yang dimiliki tidak cukup untuk mengusung kepala daerah.

Baca: PDIP: Majunya Gibran, Dhito, dan Kembang Bukti Keterbukaan Partai untuk Kepemimpinan Muda

Tercatat, PKS memiliki 5 kursi dari total 45 kursi di DPRD Kota Solo dan syarat mengajukan calon sebanyak 9 kursi atau 20 persen dari total kursi.

Kursi paling banyak diraih PDIP sebanyak 30 kursi. Sedangkan, Gerindra, Golkar, PAN masing-masing 3 kursi dan PSI 1 kursi.

Diketahui, untuk Pilkada Kota Solo saat ini baru muncul satu pasangan calon yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso yang diusung PDIP.

Gibran Rakabuming Jawab Tudingan Soal Politik Dinasti

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved