Breaking News:

Pemerintah Kejar Pertumbuhan Ekonomi Kurtal III Minus 2 Persen

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2020 akan membaik tumbuh minus 2 persen.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Adi Suhendi
Tribunnews.com/ Reynas Abdila
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (9/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2020 akan membaik tumbuh minus 2 persen.

Hal itu disampaikan saat Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo di Jakarta, Rabu (9/9/2020).

"Di kuartal tiga ini buat kita crucial time. Pemerintah ingin mengangkat defisit dari minus 5,3 persen kemarin mendekati angka minus 2 persen (di kuartal III-2020)," katanya.

Baca: Menteri PUPR: Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo Ditargetkan Beroperasi Oktober 2023

Menurutnya, untuk mengejar target pertumbuhan tersebut butuh kerjasama dari semua pihak.

Termasuk belanja Kementerian PUPR yang mencapai Rp100 triliun untuk kuartal III-2020.

“Seperti yang disampaikan Pak Menteri Basuki tadi belanja Rp100 trilun itu akan sangat membantu memperbaiki ekonomi tahun ini yang mungkin bisa minus -0,5 persen atau 0,5 persen untuk growth-nya,” imbuhnya.

Baca: Komisi XI Catat Tiga Penyebab Utama Pertumbuhan Ekonomi Negatif

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal ke tiga ini akan lebih baik dibandingkan dengan kuartal ke II kemarin.

“Kita tahu kuartal pertama 2020 kita masih tumbuh 2,97. Negara lain sudah banyak yang negatif kita masih tumbuh positif 2,97,” kata Presiden Jokowi.

“Tapi di kuartal kedua kita sudah masuk minus. Dari 2,97 positif langsung minus 5,32. ini hati-hati, tadi di Jawa Barat juga di kuartal kedua sudah berada pada posisi minus 5,9. hati-hati tapi saya optimis di kuartal ketiga kita akan lebih baik dari yang kuartal kedua," sambungnya.

Baca: Menko Luhut: Pemerintah Komitmen Kembangkan Ekonomi Hijau

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved